Ini Deretan BUMN yang Dihajar Habis-habisan Oleh Corona

BUMN Dihajar Habis-habisan Oleh Corona

PrimaBerita – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bagaimana virus corona mengahntam habisa-habisan setiap negara. Penyebarannya yang begitu cepat memberi dampak besar pada dunia terutama dunia usaha. Tidak terkecuali BUMN (Badan Usaha Milik Negara) juga ikut dihajar habis-habisan oleh corona.

Erick Thohir sebagai Menteri BUMN mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan terkait hal tersebut. Selain itu Ia juga menyiapkan langkah untuk mengantisipasi terkait dampak tersebut.

Dia menyebutkan, BUMN yang bakal terdampak ialah bank BUMN. Menurutnya, dampak virus corona menimbulkan risiko kenaikan non performing loan (NPL) atau kredit macet. Hal itu ia sampikan dalam rapat kerja online, Jumat (3/4/2020).

Berikut Deretan BUMN yang dihajar habis-habisan oleh corona

  1. Pertamina

Virus corona akan mengganggu cashflow perusahaan plat merah di bidang energi. Lantaran, corona menyebabkan tekanan pada nilai tukar rupiah.

“Cash flow Pertamina dan PLN akan terganggu karena menurunnya kurs rupiah karena kita tahu baik PLN punya bond besarnya Rp 350 triliun di mana itu sebagian besar dolar. Pertamina sendiri dalam impor minyak dolar tapi jual dalam rupiah,” paparnya.

“Karena itu kemarin kita rapat direksi Pertamina untuk bener-bener memastikan cash flow mereka jangan sampai kondisi yang merah nantinya,” sambungnya.

2. BUMN di Sektor Pariwisata

BUMN yang berkaitan dengan sektor pariwisata juga terkena dampak corona. Yaitu Angkasa Pura, Pelindo, Garuda Indonesia, KAI, ASDP, Pelni, dan lain-lain.

Garuda Indonesia punya utang jatuh tempo yang besar, itu yang akn memberatkan kata Erick

“Utang-utang BUMN yang jatuh tempo Garuda terberat yaitu ada US$ 500 juta yang akan jatuh tempo,” terangnya.

3. Perum Bulog

Selanjutnya, BUMN pangan seperti Perum Bulog juga mengalami tekanan pada utang jangka pendek pada Himbara karena keterbatasan cash flow.

“Alhamdulilah kita sudah bicara Bulog dan Mensos dan beberapa menteri sesuai policy Perppu investorty akan digelontorkan sebagai bansos untuk rakyat,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, BUMN karya juga mengalami tekanan. Sebab, BUMN karya memiliki proyek jangka panjang namun dibiayai oleh pembiayaan jangka pendek.

Add a Comment