10 Juta Pelanggan Meter Prabayar Sudah Mendapatkan Listrik Gratis

Pelanggan Meter Prabayar Mendapatkan Listrik Gratis

PrimaBerita – Berdasarkan data dari PT PLN (Persero) baru 10 juta pelanggan yang khusus menggunakan kWh meter prabayar sudah mendapatkan listrik gratis atau diskon listrik.

Insentif tarif listrik tersebut diberikan Pemerintah untuk masyarakat dalam rangka menghadapi pandemi Corona. Sedangkan 1 juta pelanggan yang masih dalam proses.

Hal tersebut disampaikan oleh Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka. Ia mengatakan 10 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar sudah berhasil mendapatkan listrik gratis atau diskon listrik.

Sementara, token bagi 1 juta pelanggan lainnya akan diperbaharui secara bertahap paling lambat hingga 11 April 2020.

“Kami menyadari di situasi seperti saat ini, baik listrik gratis ataupun diskon ini sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang kurang mampu. Kami akan pastikan semua pelanggan yang berhak harus mendapatkan haknya,” kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (5/4/2020).

Ia juga mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan pemerintah agarabisa bekerja sama. Memberdayakan aparatur di tingkat kecamatan/desa/kelurahan khususnya untuk menjangkau masyarakat yang berada di daerah terpencil. Hal tersebut juga dilakukan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.

Sementara untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan kWh meter pascabayar, biaya rekening bulan April akan langsung digratiskan. Kemudian pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang menggunakan kWh meter pascabayar. Rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50%.

Totalnya ada 24 juta pelanggan rumah tangga 450 Volt VA yang mendapatkan listrik gratis dan 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang mendapatkan diskon 50% untuk April, Mei dan Juni.

Add a Comment