5 Penyakit yang Banyak Menyerang Generasi Muda, Waspadalah!

5 penyakit yang banyak menyerang generasi muda, waspadalah!

PrimaBerita– Tidak hanya yang tua yang mudah terserang penyakit. Tetapi generasi muda juga rawan terkena penyakit. Ada lima penyakit yang banyak menyerang generasi muda, apa itu? Yuk simak, agar Anda bisa menjaga kesehatan.

Penyebab yang sering terjadi pada generasi muda adalah karena kurangnya aktivitas fisik seperti malas berolahraga. Gejala ini bisa dibilang spele, tapi bisa mudah terserang berbagai macam penyakit.

Gaya hidup yang sudah berubah jauh dari zaman orang tua kita dulu membuat banyak generasi muda terserang lima penyakit ini.

1. Kolesterol

Kolesterol adalah penyakit yang paling banyak diderita para orang tua. Penyakit kolesterol ini bisa disebabkan dari faktor genetik ataupun jenis makanan yang sering dikonsumsi.

Kadar kolesterol yang terlalu banyak dalam tubuh bisa menyebakan terhambatnya aliran darah. Hal ini bisa merambat ke masalah kesehatan lainnya seperti serangan jantung dan stroke.

Zaman sekarang ini, generasi muda sering mengonsumsi makanan cepat saji, hal ini yang bisa generasi muda terserang penyakit kolesterol. Gejala yang sering dirasakan adalah cepat merasa lelah, sakit kepala, nyeri pada bagian dada, serta mati rasa di beberapa bagian tubuh.

Jika Anda mengalami salah satunya segera Anda melakukan cek kadar kolesterol, sebelum kolesterol pada tubuh Anda meningkat.

2. Gula darah tinggi

Kadar gula yang tinggi dalam tubuh disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas yang menghasilkan hormon insulin sehingga glukosa tidak dapat diubah menjadi energi. Faktor lain yang meyebabkan gula darah tinggi adalah faktor dari keturunan.

Gula darah tinggi disebut juga penyakit Diabetes. Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik, kelebihan berat berat badan, dan juga hipertensi.

Gejala yang bisa dilihat ialah seringnya buang air kecil, merasa lemas, sulit sembuh jika alami luka, terkadang merasa gatal-gatal dan muncul bercak hitam di tubuh. Pencegahan diabetes dapat dilakukan dengan berolahraga, mengurangi konsumsi gula buatan.

3. Anemia

Terkadang seseorang yang menderita anemia tidak menyadari kondisi tubuhnya. Gejala dari anemia cukup umum, seperti merasa lemas, pusing, sulit berkonsentrasi, dan detak jantung yang tidak beraturan.

Penyebab anemia bisa karena tubuh yang tidak fit, kekuarangan vitamin, dan menstruasi. Meskipun gejalanya sederhana, tapi jangan diremehkan. Dampak buruk itu terjadi disebabkan kekurangan hemoglobin. Karena itu, segeralah makan makanan yang bergizi dan minum suplemen penambah darah saat mulai mengalami tanda-tanda anemia.

4. Tekanan darah tinggi

Hipertensi disebut juga tekanan darah yang tunggi. Hipertensi biasanya memiliki hubungan yang erat dengan kondisi emosi seseorang.

Apabila seseorang mengalami tensi darah tinggi akan mudah stres, marah, ataupun cemas. Gejala hipertensi juga umum, seperti merasa pusing, kelelahan, telinga berdenging, sesak nafas, dan lainnya.

Generasi muda juga banyak menderita hipertensi. Hal itu disebabkan karena pola makan yang buruk, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin dan junkfood. Merokok dan sering minum obat-obatan juga bisa menyebabkan hipertensi terjadi.

5. Stroke

Seseorang terkena stroke bisa disebabkan dari faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, dan masalah kesehatan yang sudah lebih dulu diderita. Contohnya adalah penyakit seperti kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, dan obesitas yang bisa berujung pada stroke.

Kini, penyakit stroke juga banyak diderita oleh generasi muda. Sehingga kemungkinan mereka terserang stroke semakin tinggi. Apalagi jika adanya faktor keturunan.

Add a Comment