Larry Tesler, Penemu Copy Paste pada Komputer Meninggal Dunia

PrimaBerita – Penemu konsep cut, copy dan paste pada komputer, Larry Tesler meninggal dunia pada hari Senin (17/02) di usia 74 tahun. Namun penyebab Larry Tesler meninggal dunia belum diungkap dengan pasti sampai hari ini.

Tesler lahir di New York, Amerika Serikat pada 24 April 1945. Dan besar di New York City kemudian ia lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan Bronx pada tahun 1961. Ia melanjutkan ke Universitas Stanford, tempat ia belajar ilmu komputer pada tahun 1960-an, dan bekerja untuk sementara waktu di Stanford Artificial Intelligence Laboratory.

Bersama Horace Enea, ia merancang Compel, bahasa penugasan tunggal awal. Bahasa pemrograman fungsional ini dimaksudkan untuk membuat pemrosesan bersamaan lebih alami dan digunakan untuk memperkenalkan konsep pemrograman kepada pemula.

Pada akhir 1960-an, Tesler terlibat dalam Midpen Peninsula Free University, di mana ia menyampaikan kelas tentang topik-topik seperti Bagaimana mengakhiri Monopoli IBM, Komputer Sekarang, dan Penundaan.

Tahun 1973 Tesler bergabung dengan Pusat Penelitian Alto Xerox (PARC), di mana dia mengembangkan konsep cut-copy-paste. Konsep ini difungsikan untuk mengedit teks pada sistem operasi komputer seperti dilansir The Verge.

Tujuh tahun kemudian, pendiri Apple Inc yakni Steve Jobs mengunjungi kantor PARC dan Tesler ditunjuk menjadi pemandu.

“Jobs sangat bersemangat dan mondar-mandir di sekitar ruangan. Saya ingat betul perkataan Jobs saat melihat produk besutan PARC, ‘kamu sedang duduk di tambang emas, kenapa kami tidak melakukan sesuatu dengan teknologi ini? Kamu bisa mengubah dunia,'” kata Tesler saat menghadiri acara di Churchill Club, California tahun 2011 silam.

Oleh sebab itu, Jobs membujuk Tesler untuk bekerja di tim produk Apple. Dia pun setuju dan menjadi karyawan Apple tahun 1980, seperti dikutip CNET.

Add a Comment