Profil Donnie Yen, Pemeran Yip di Ip Man

­­

PrimaBerita – Film kungfu Ip Man 4 : The Finale telah tayang di bioskop. Nama Donnie Yen sebagai pemeran utama menjadi topik perbincangan berbagai pecinta fil kungfu. Namanya semakin mencuat ke publik setelah ia beradu akting di film-film besar seperti Ip Man dan Star Wars: The Rogue One.

Profil

Profesi: Aktor, Sutradara, Produser, Atlet Wushu
Tgl lahir: 27 Juli 1963
Tempat Lahir: Guangzhou, Guangdong, Cina
Kewarganegaraan: Cina
Tinggi Badan: 175 cm
Nama Ayah: Klyster Yen
Nama Ibu: Bow-Sim Mark
Saudara:
1. Chris Yen (Artis)
Istri: Zing-Ci Leung (1993 – Cerai), Cecilia Wang (Artis, Sejak 2003)
Anak-anak:
1. Man-Zeok Yen (L. 1995)
2. Jasmine (L. 2004)
3. James (L. 2007)

Fakta

Ibu Jago Wushu

Donnie memiliki Ibu yang bernama Bow-sim Mark dan ia adalah seorang ahli bela diri Tai Chi yang terkenal. Bow juga mendirikan Institut Penelitian Wushu Cina pada tahun 1976. Tak hanya itu, ibunya ini juga biasa mengajar Wushu Cina di Universitas Boston dan Universitas Harvard. Keahlian bela diri Donnie juga diajarkan oleh sang ibu sejak ia masih muda.

Teman Sekelas Jet Li

Donnie ingin belajar sparring setelah menonton film Bruce Lee. Namun, orangtua Donnie tidak setuju dan mengirimkannya ke Shichahai Sports School untuk belajar wushu.

Kemudian, Jet Li juga tergabung di sekolah tersebut dan keduanya bersama-sama berlatih wushu dibawah asuhan pelatih terkenal bernama Bin Bin. Kedua siswa ini akhirnya menjadi seorang aktor bela diri yang terkenal di dunia.

Punya Jiwa Seni

Donnie sangat senang dengan bermain piano dan bahkan telah terampil dalam memainkan alunan yang sulit. Bakatnya itu juga didapatkan dari ayahnya yang merupakan seorang pemain biola.

Hobi berkuda

Ia sangat senang memiliki hewan peliharaan kuda. Donnie memiliki kuda yang ia beri nama Bad Boy dan telah berhasil meraih kejuaraan balapan kuda di tahun 2016. Di film terbarunya yang berjudul Mulan, Donnie juga akan hadir dengan menunggangi kuda.

Pensiun dari film kung fu

Film Ip Man 4: The Finale akan menjadi film kung fu terakhir Donnie Yen. Ayah dua anak ini merasa usianya yang kini 56 tahun membuatnya lemah. Kedapannya Donnie ingin terlibat dalam film bertema fashion. Namun pemeran master Yip ini tidak keberatan untuk terlibat di belakang layar film kung fu.

Add a Comment