Beragam Manfaat Daun Kemangi, Mampu Mengatasi Jerawat

PrimaBerita – Dibalik itu semua daun kemangi memiliki manfaat bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui.

Daun kemangi yang tumbuh subur di negara beriklim tropis ini memang biasanya dimanfaatkan sebagai campuran bahan masakan. Meski demikian, tanaman ini juga dipercaya sebagai obat tradisional.

Misalnya untuk mengobati luka bakar, sakit perut, sakit kepala, diare, demam, gigitan serangga, batuk, pilek, mengurangi nyeri, dan sebagai antibakteri.

Berikut manfaat daun kemangi bagi kesehatan

Mampu mengatasi jerawat

Minyak daun kemangi dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat. Sebuah penelitian mengungkapkan, minyak daun kemangi yang sudah dicampurkan dengan bahan tertentu, seperti ekstrak jeruk, asam salisilat, dan asam asetat, mampu mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Baca juga : Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Menyehatkan sistem pencernaan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung. Selain itu, manfaat daun kemangi juga bisa menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Mempercepat penyembuhan luka

Selain memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Daun kemangi diketahui memiliki sifat antivirus, antijamur, dan pereda nyeri. Karena kemampuan inilah, daun kemangi kerap dipakai untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Mencegah stres

Daun kemangi diketahui memiliki zat yan berguna untuk membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres. Selain itu, zat alami ini juga berperan untuk membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks, membantu mengatasi gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan membantu tubuh tidak cepat lelah.

Baca juga : Jarang Diketahui Banyak Orang, 7 Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Memiliki sifat antiradang dan antikanker

Kandungan antioksidan di dalam daun kemangi diduga berperan dalam munculnya efek tersebut. Sayangnya sifat antiradang dan antikanker ini baru terlihat pada penelitian di laboratorium.

Manfaat daun kemangi memang diduga ada banyak, akan tetapi efek-efek tersebut masih sebatas penelitian di laboratorium pada hewan percobaan. Manfaat daun kemangi secara klinis sebagai pengobatan sejauh ini belum dapat dipastikan dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Add a Comment