7 Manfaat Menakjubkan dari Buah Tin bagi Kesehatan

PrimaBerita – Buah tin memiliki ragam manfaat bagi kesehatan mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga bisa mencegah kanker. Buah tin sedikit sulit untuk ditemukan di Indonesia.

Buah tin atau yang memiliki nama ilmiah Ficus carica ini dulunya banyak tumbuh di Asia Barat. Buah tin juga disebut sebagai buah ara atau disebut dengan fig dalam Bahasa Inggris.

Berikut Manfaat menakjubkan bagi kesehatan dari buah tin

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah tin yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Buah tin memiliki kandungan serat larut berupa pektin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung.

Baca juga : Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

2. Menurunkan Tekanan Darah

Buah tin merupakan sumber kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah, karena cenderung dapat mencegah efek berbahaya dari natrium. Seperti kita tahu, kita selalu bergantung pada makanan olahan yang memiliki kandungan natrium tinggi atau secara awam disebut garam.

Jadi, rutin mengonsumsi makanan kaya akan kalium seperti buah tin, sangat penting, karena dapat membantu melancarkan peredaran darah.

3. Mengatasi Anemia

Manfaat buah tin selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi gejala anemia. Kekurangan sel darah merah dalam tubuh atau anemia adalah kondisi yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi dan juga multivitamin dalam buah tin dapat membantu produksi sel darah merah sehingga kadar eritrosit pun akan naik.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah tin yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Buah tin dapat mencegah degenerasi makula yang merupakan penyakit penyebab seseorang mengalami penurunan penglihatan hingga kebutaan. Khasiat buah tin ini berkat kandungan di dalamnya, seperti vitamin A dan karotenoid.

5. Mengatasi Masalah Saluran Pernapasan

Manfaat buah tin dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi gejala asma. Masalah pernapasan lainnya seperti flu dan batuk serta bronkitis juga dapat diredakan oleh buah tin.

Buah tin juga dapat melembapkan selaput lendir dalam sistem pernapasan sehingga membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu kerja sistem pernapasan.

6. Mencegah Kanker Usus Besar

Makan tin secara teratur dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Serat dalam buah surga ini bisa membantu membuang limbah dalam tubuh dengan cepat, yang bekerja dengan baik untuk pencegahan kanker usus besar.

Banyaknya biji dalam buah ini mengandung tinggi musin yang dapat mengumpulkan limbah dan lendir di usus besar dan mengeluarkannya.

Baca juga : Jarang Diketahui Banyak Orang, 7 Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

7. Mencegah Kanker Payudara

Seperti disebutkan sebelumnya, buah tin mengandung tinggi serat. Wanita yang mengonsumsi lebih banyak serat makanan selama masa remaja dan dewasa awal dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Ekstrak tin atau tin kering diketahui mengandung unsur-unsur yang dapat membantu mencegah kanker payudara pasca-menopause.

Add a Comment