Hore ! GenRe Sumut Sabet Tiga Penghargaan di Jambore Nasional

mediausmutku.com | MEDAN – Duta Generasi Berencana (GenRe) Sumatera Utara berhasil menyabet tiga penghargaan dalam Kegiatan Apresiasi Duta Generasi Berencana dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADU JAK GenRe) tingkat nasional 2019.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dimulai dari tanggal 16-19 Desember 2019 di Hotel Ciputra Jakarta.

Sarah Noverta Rahel Purba berhasil menjadi Runner-Up I Putri Duta Genre Indonesia dan Adrian Fahri menjadi Runner-Up I Putra Genre Indonesia mengalahkan nominasi yang mewakili masing-masing provinsi dari seluruh Indonesia.

Selain itu, Forum GenRe Sumut juga berhasil menjadi juara I Vlog Jambore Ajang Kreativitas Remaja 2019 (JAK 2019).

Acara ini dibuka oleh Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, sembari menjabarkan tentang peran remaja yang sangat strategis untuk masa depan negara dan keberlangsungan pembangunan bangsa.

BKKBN memandang remaja dalam dua perspektif. Pertama, remaja harus tumbuh menjadi generasi yang berkualitas sehingga siap untuk dapat menjadi subjek pembangunan menuju Indonesia maju. Kedua, remaja calon pasangan usia subur yang akan membentuk keluarga dan calon orang tua bagi anak-anaknya, harus memilki perencanaan dan kesiapan berkeluarga.

“Muda-mudi Genre diharapkan mampu menjadi motivator program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) garapan BKKBN,” ungkap Hasto, dalam keterangan.

GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarier dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Program GenRe juga merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda sekaligus wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Harapannya para duta genre ini mampu meningkatkan sosialisasi dan promosi Program KKBPK melalui program GenRe di kalangan remaja agar memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial. Sehingga generasi-generasi Indonesia mampu menjadi generasi berkualitas dan unggul.

Add a Comment