Si Apel untuk Kesehatan

PRIMA BERITA – Apel merupakan jenis buah yang berasa dari Rosaceae. Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidannya yang tinggi. Selain merupakan buah yang sangat disukai orang dengan rasanya yang manis, apel juga memiliki banyak manfaat yang tidak kita ketahui. Satu buah apel setiap harinya dapat menghindari seseorang dari kunjungan ke dokter, pepatah yang sering terdengar ini memang ternyata benar. Apel dikenal sebagai buah yang dapat mengobati ataupun mencegah banyak penyakit. Untuk itu, apa saja sih manfaat dari si buah apel ini? Check it out guys!

Mencegah penyakit stroke

Salah satu manfaat dari buah apel adalah mencegah penyakit stroke. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of American Heart Association, ditemukan fakta yang cukup menarik bahwa buah dengan daging putih seperti buah apel mampu mengurangi risiko dari penyakit stroke. Buah dengan daging putih mencerminkan adanya senyawa Phytochemical yang memiliki manfaat seperti karotenoid (warna merah, kuning & oranye pada buah dan sayur) dan Flavanoid di mana keduanya berfungsi sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsi minimal 1 buah apel rutin setiap hari maka hal itu akan menghindarkan Anda dari penyakit stroke.

Membantu diet

Manfaat apel lainnya adalah membantu program diet. Seseorang yang melakukan program diet membutuhkan banyak makanan yang mengandung serat terutama pada buah dan sayuran. Apel dipercaya mampu merespon lambung untuk membuat perasaan cepat kenyang karena serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi.

Menetralisir kadar gula darah

Penyakit gula atau dikenal dengan diabetes melitus adalah penyakit menghantui bagi mereka yang mempunyai keturunan penyakit ini. Meski memiliki rasa manis, buah apel mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh secara efektif.

Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi 1 buah apel setiap hari dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Karena berserat tinggi, buah apel mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dibuang oleh tubuh.

Meningkatkan kesehatan kulit

Apel sangat baik untuk kesehatan kulit apabila dikonsumsi secara rutin. Sementara khasiat buah apel lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat sehingga penampilan kulit tidak saja terpancar dari dalam tetapi juga terlihat sehat dari luar dan kulit menjadi bersih dan sehat.

Add a Comment