Mau Cepat Kaya? Lakukan Cara Berikut Ini

Primaberita – Tidak sedikit orang mau cepat kaya, meskipun kata dan ukuran kaya sendiri menjadi sangat relative antara satu orang dengan orang lain. Akan tetapi di masa dimana banyak hal dipatok dan hitung dengan uang, maka menjadi orang kaya sepertinya adalah suatu hal yang enak.

Lalu, seperti apa dan bagaimana sih trik dan tipsnya untuk bisa cepat menjadi orang kaya?

Lakukan cara berikut ini jika anda mau cepat kaya :

Baca juga : 5 Cara Paling Ampuh Dan Tepat Untuk Meredamkan Emosi

Turunin Biaya Hidup Sehari-Hari dan Biaya Rumah Tangga

Matematika dari perencanaan keuangan dan pengelolaan keuangan bulanan sebenarnya sangatlah mudah dan simple. Hanya ada 2 komponen besar dalam hitungan tersebut yaitu penghasilan dan pengeluaran.

Maka rumus yang ideal adalah meningkatkan penghasilan sambil di saat yang bersamaan menekan pengeluaran. Sekarang mari kita focus pada pengeluaran.

Kalau kita mau bagi pengeluaran pada beberapa kategori besar maka akan didapat kategori-kategori seperti ini:
1. Biaya rumah tangga (termasuk biaya sewa, listrik, telpon, air, dll)
2. Biaya hidup sehari-hari dirumah (belanja makanan dan kebutuhan)
3. Biaya transportasi
4. Biaya anak
5. Cicilan hutang
6. Tabungan & Investasi
7. Biaya social & entertainment
8. Biaya pribadi (private)

Nah, dari ke 8 kategori besar ini kira-kira mana sih yang paling banyak komponen biaya detilnya?

Biasanya orang akan merujuk ke nomor 1 & 2 diatas. Dari kedua biaya ini buatlah hitungan secara detil dan perhatikan mana saja pos-pos pengeluaran yang terlalu banyak, bisa ditekan atau bahkan bisa dihilangkan sama sekali.

Selain itu pengeluaran yang biasanya menyebabkan kebocoran hebat dan sulit untuk mengontrolnya adalah pengeluaran nomo 7 & 8 yaitu biaya social entertainment dan biaya pribadi. Nah pos biaya entertainment dan pribadi ini biasanya “rebutan” dengan pos biaya tabungan dan investasi.

Dengan kata lain, semakin besar biaya entertainment dan pribadi, maka akan semakin kecil (bahkan nol) tabungan dan investasi anda. So kunci pertama adalah menekan dan menghilangkan biaya yang tidak penting.

Cari Tambahan Penghasilan

Kunci kedua yang juga tidak kalah penting adalah mencari tambahan penghasilan. Ingat matematika cash flow diatas bahwa untuk bisa menjadi kaya berarti penghasilan harus besar dan pengeluaran harus kecil sehingga ada uang tersisa. Mencari penghasilan bisa dilakukan dengan banyak hal.

Yang paling mudah adalah dengan memperbanyak kerja lembur, apabila hal tersebut memungkinkan ditempat kerja anda. Dengan bekerja lembur anda bahkan bisa dilihat sebagai salah satu karyawan yang berdedikasi tinggi pada perusahaan anda.

Alternatif kedua adalah dengan melakukan pekerjaan tambahan. Pekerjaan tambahan bisa dengan menjadi Barista di coffee shop baik local maupun internasional. Ataupun anda bisa mengambil pekerjaan sejenis lainnya yang menambah penghasilan anda. Apabila anda ingin bekerja sendiri tanpa terikat, maka anda bisa menjadi driver online baik taxi maupun ojek online. Anda bisa mengatur waktu kerja anda sesuai kondisi anda.

Alternaif lainnya adalah memaksimalkan hobby dan keahlian anda. Apabila anda punya hobby memasak maka anda bisa membuka usaha makanan baik menjual makanan secara online (seperti rice bowl yang sekarang sedang ngetop) ataupun membuka usaha catering.

Apabila anda hobby berolah raga maka anda pun bisa menjadi coach atau pelatih untuk anak-anak. Selain itu apabila anda punya keahlian seperti Bahasa Inggris, maka anda bisa menjadi guru Bahasa Inggris atau bila anda bisa mengaji maka anda pun bisa mengajarkan anak-anak mengaji Iqro. Intinya keahlian apapun yang anda miliki bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan baik secara paruh waktu bahkan penuh waktu.

Baca juga : Hancurkan Lemak Visceral Hanya Dengan Minum Air Lemon…

Konsisten

Terakhir yang tidak kalah penting adalah ketika anda mulai melakukan hal tersebut di atas adalah untuk selalu konsisten dalam melakukannya. 2 hal di atas sebenarnya tidak sulit, akan tetapi konsisten untuk selalu melakukannya setiap harilah yang paling sulit.

Untuk bisa konsisten anda harus punya tujuan keuangan, pengingat dan pencatatan secara rutin juga. Nah hal ini bisa dilakukan secara manual dengan menulis atau secara otomatis dengan menggunakan teknologi dan aplikasi.

Lakukan perhitungan dan persiapan dengan baik dan benar agar tidak menyusahkan di kemudian hari.

Add a Comment