5 Cara Paling Ampuh Dan Tepat Untuk Meredamkan Emosi

Primaberita – Emosi bisa saja datang kapan pun dimanapun, misalnya sedang dijalan atau dirumah. Pemicunya juga beragam, namun sering sekali ingin meredamkan emosi karena emosi sesaat bisa sebabkan penyakit bahkan bisa melukai orang lain.

Meredam emosi secepat dan sesegera mungkin adalah hal yang perlu lakukan agar kemarahan tidak melebar kemana-mana. Lakukanlah sesuatu untuk meredamkan emosi anda sebelum hal yang merugikan datang pada anda. Dilansir dari hellosehat.com.

Baca juga : Viral! Olahraga Malah Membuat Tampak Lebih Tua?

Berikut 5 Cara Paling Ampuh dan tepat untuk meredamkan emosi

1. Menarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam adalah salah satu cara ampuh untuk meredakan emosi. Robert Nicholson, Ph.D., asisten dosen di Saint Louis University, Amerika Serikat, menyatakan saat marah tubuh menjadi tegang.

Untuk merilekskannya kembali dan menurunkan ketegangan ini, Anda perlu menarik napas dalam-dalam. Pasalnya, memasok oksigen lebih banyak ke dalam tubuh membantunya untuk melepaskan ketegangan.

Pejamkan mata secara perlahan lalu tarik napas dalam-dalam. Caranya dengan menghirupnya dari hidung dan mengeluarkannya secara perlahan dari mulut. Ulangi teknikĀ meditasiĀ sederhana ini sebanyak tiga hingga lima kali atau sampai Anda merasa jauh lebih baik.

2. Berjalan-jalan sejenak

Saat emosi sedang memuncak, cobalah untuk bangkit dari duduk dan berjalan-jalan sejenak menjauhi sumber kemarahan Anda. Olahraga bisa menjadi penghilang stres dan emosi yang cukup ampuh. Berjalan kaki termasuk olahraga ringan yang bisa menjadi pilihan untuk memancing tubuh melepaskan hormon endorfin atau yang disebut dengan hormon bahagia.

Dengan berjalan-jalan sejenak dan menjauh dari sumber kekesalan, Anda bisa berpikir lebih jernih. Selain itu, cara ini juga membantu Anda untuk menemukan pandangan-pandangan baru yang mungkin bisa menjadi solusi masalah yang sedang dihadapi. Tidak perlu berlama-lama, berjalan selama lima menit di ruangan terbuka sudah cukup bisa memberikan Anda ketenangan.

3. Menekan titik tertentu di tubuh

Daniel Hsu, seorang ahli akupunktur dan pengobatan tradisional di New York menyatakan, menekan titik tertentu di tubuh bisa merilekskan sistem saraf. Saat marah dan juga stres, saraf akan menegang. Untuk dapat mengembalikannya pada kondisi normal, Anda perlu menekan titik-titik utama di kepala, wajah, dan tangan yang dekat dengan kumpulan saraf.

Cobalah tekan bagian dalam telapak tangan yang terletak di antara ibu jari dan telunjuk. Tekan secara perlahan dengan ibu jari dan rasakan sentuhannya. Diamkan selama kurang lebih 10 detik dan ulangi cara ini pada bagian tangan lainnya. Anda juga bisa menekan berbagai titik telapak tangan cukup dengan ibu jari.

4. Merilekskan otot-otot yang tegang

Untuk meredam emosi yang menguasai diri, Anda bisa merilekskan semua kelompok otot yang tegang. Cara yang satu ini sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Bahkan, latihan ini bisa melepaskan hampir semua ketegangan yang Anda rasakan di tubuh dalam hitungan detik. Dengan begitu, Anda jauh lebih tenang dan mampu menghadapi situasi dengan kepala dingin.

Baca juga : Sarapan Dengan Kue Cokelat Bisa Bikin Langsing

Caranya mudah, regangkan semua otot di tubuh dari mulai kepala hingga kaki. Misalnya, gerakkan bahu ke belakang perlahan, putar leher searah atau berlawanan jarum jam, lemaskan tungkai kaki dengan cara memutarnya. Selain itu, putar tubuh ke kanan dan ke kiri untuk merilekskan otot pinggul dan punggung Anda.

5. Nyalakan musik favorit yang menenangkan

Tahukah Anda, ritme internal tubuh ternyata mengikuti irama musik yang sedang Anda dengar. Saat sedang marah, cobalah untuk mendengarkan musik dengan irama yang menenangkan agar tubuh juga secara tidak langsung mengikuti ritmenya. Dengan begitu, napas dan detak jantung Anda akan melambat kembali ke kondisi normal, bahkan lebih rileks dari sebelumnya.

Add a Comment