Ketua DPRD DKI Mengecam Pemprov DKI : Hentikan Penebangan…

primaberita-ketua-dprd-dki-jakarta

Primaberita – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengecam tindakan Pemprov DKI Jakarta yang menebang pohon besar di trotoar. Ia meminta daripada ditebang, pohon-pohon tersebut lebih baik dipindahkan.

Ketua DPRD DKI mengecam tindakan menganggap, sebenarnya Pemprov DKI melalui Dinas Kehutanan (Dishut) memiliki rencana yang baik untuk penataan trotoar. Namun, menurutnya menebang pohon yang sudah berumur puluhan tahun merupakan tindakan yang salah.

Baca juga : Jokowi Bakal Menambah 6 Wakil Menteri Baru, Salah Satunya Adalah…

Ia mengaku juga tidak bisa menerima alasan Dishut DKI yang menyebut pohon ditebang karena sudah keropos. Sambil menunjukan foto bongkahan pohon hasil penebangan pohon di Cikini, Prasetio menyebut pohon tersebut belum keropos.

Sebelumnya, Dishut DKI Jakarta memberikan rekomendasi sebelum pohon besar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat ditebang. Salah satu alasannya karena pohon yang kebanyakan berjenis angsana itu dianggap mudah tumbang ketika musim hujan.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono di DPRD DKI. Menyebut Pemprov DKI Jakarta sudah melanggar Perda nomor 8 Tahun 2007, pasal 12G tentang Ketertiban Umum.

Adanya kebijakan Pemprov DKI mengurangi polusi atau pencemaran dengan memperbanyak jalur ganjil genap. Dan memperlebar pendestrian tercoreng dengan adanya kebijakan penebangan pohon.

Anggota Komisi A DPRD DKI itu mengatakan, kalaupun penebangan pohon itu untuk mengantisipasi musim hujan, semestinya yang dipotong adalah ranting-ranting yang sudah rapuh.

Ia menegaskan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seharusnya mempunyai peran yang sangat signifikan di daerahnya dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup sesuai dengan amanat UU No 31 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Terkait : Rapat Perdana, Prabowo Berdebat Dengan Anggota DPR Fraksi PDI-P

Kepala Dishut DKI Jakarta Suzi Marsita menganggap penebangan itu bagian dari program kerjanya meremajakan pohon di pinggir jalan. Pohon yang ditebang adalah yang dianggap sudah kropos dan mudah tumbang.

Add a Comment