Bandara Amsterdam Panik, Pilot Tak Sengaja Aktifkan Alarm Pembajakan

primaberita-bandara-amsterdam-panik

Primaberita – Pilot di Bandara Schipol Amsterdam tidak sengaja menekan tombol alarm tanda pesawat dibajak. Alarm tersebut membuat Bandara Amsterdam panik dan menimbulkan peningkatan keamanan yang sangat tinggi oleh polisi Belanda.

Maskapai Spanyol, Air Europa, meminta maaf terkait insiden di pesawat yang akan terbang ke Madrid, seperti dikutip AFP, Kamis (7/11/2019). Otoritas Bandara Schipol menyebut sang pilot menekan alarm palsu.

“Alarm salah. Dalam penerbangan Amsterdam-Madrid sore ini diaktifkan karena kesalahan. Peringatan tersebut memicu protokol pengamanan pada pesawat dibajak di bandara,” tulis Otoritas Bandara Schipol dalam twitter resminya.

Baca juga : Presiden Jokowi Sindir Surya Paloh Habis-Habisan, Pasca Bertemu PKS

Otoritas Bandara Schipol memastikan semua penumpang dalam keadaan aman. Pihaknya meminta maaf atas kejadian itu. “Tidak ada yang terjadi. Semua penumpang aman dan menunggu untuk segera terbang. Kami sangat minta maaf,” tuturnya.

Pesawat itu sendiri membawa 27 penumpang. Sementara itu, Bandara Schipol diketahui sebagai salah satu bandara tersibuk di Eropa.

Sesaat sebelum pengumuman, polisi militer Belanda mengonfirmasi semua penumpang dan staf telah dievakuasi dengan aman dari penerbangan menuju Madrid.

Gambar yang diposting di media sosial menunjukkan bagian dari D-pier bandara ditutup untuk umum, dengan penumpang menunggu informasi.

Penerbangan masih mendarat di bagian lain bandara selama gangguan, tetapi layanan darurat bergegas dan beberapa penerbangan diadakan di landasan tarmac.

Terkait : Jungkook BTS Kecelakaan, Tabrak Taksi Karena Kesalahan Sendiri

Roberto Carrera, 38, mendarat di bandara di tengah siaga sekitar pukul 19.45 waktu setempat.

“Pilot memberi tahu kami sebuah insiden mungkin terjadi,” katanya kepada BBC dalam wawancara telepon. Carrera mengatakan, dia dan penumpang lain dalam penerbangannya dari Dublin kemudian ditahan di landasan selama sekitar satu jam sebelum mereka diizinkan untuk turun.

Dia melihat polisi di terminal tetapi menggambarkan suasana di bandara Amsterdam tadinya panik sekarang secara keseluruhan sudah tenang.


Add a Comment