5 Dampak Negatif Memeriksa Ponsel Saat Bangun Tidur

Primaberita – Berdasarkan studi yang dilakukan perusahaan data internasional IDC, hampir 80 persen pengguna ponsel di Amerika Serikat langsung memeriksa ponsel saat bangun tidur sebelum melakukan aktivitas lain.

Sayangnya, memeriksa ponsel saat bangun tidur dapat memicu sejumlah dampak negatif, terutama bagi kesehatan mental.

Berikut adalah 5 dampak negatif memeriksa ponsel ketika bangun tidur dilansir dari Times of India.

1. Meningkatkan stres

Tumpukan email, pesan singkat, dan berita berkonten negatif yang ‘menyerbu’ ketika mengecek ponsel di pagi hari dapat mengganggu ketenangan pikiran dan membuat hari terasa berat untuk dijalani.

Penelitian dari Universitas Gothenburg di Swedia pernah mengukur dampak penggunaan ponsel pada orang berusia 20 tahun selama satu tahun. Hasilnya, penggunaan ponsel di pagi hari dan sebelum tidur berkaitan langsung dengan peningkatan angka depresi.

2. Mengambil keputusan yang buruk

Ketika Anda memulai hari dengan melihat unggahan teman yang sedang berlibur atau bersenang-senang, hal ini dapat memicu kondisi FOMO (fear of missing out).

FOMO ditandai dengan perasaan ‘tertinggal’, sedih, dan terpuruk karena tidak mampu mengikuti aktivitas tertentu yang sedang disenangi banyak orang.

FOMO dapat membuat Anda mengambil keputusan yang buruk, salah satunya adalah membuat pilihan makanan yang tidak sehat, demi mencari kesenangan pengganti.

3. Sulit fokus

Memeriksa ponsel saat bangun tidur dapat membuat Anda kesulitan untuk fokus. Akibatnya, produktivitas bisa turut berkurang.

Melansir Medium, Dr. Nikole Benders-Hadi mengungkapkan, “informasi yang terlalu banyak diterima sebelum Anda benar-benar terbangun dapat mengganggu kemampuan Anda untuk memprioritaskan tugas.”

4. Menyita perhatian

Dengan memeriksa email, pesan, atau media sosial saat bangun tidur, kemampuan otak untuk menciptakan ide dapat dibajak oleh informasi yang baru Anda terima.

Akhirnya, otak akan dipaksa untuk lebih sibuk bereaksi terhadap urusan orang lain ketimbang berfokus pada urusan Anda sendiri.

5. Membuang waktu

Awalnya mungkin Anda hanya berniat untuk memeriksa ponsel selama 5 menit, namun tanpa disadari, 15 menit kemudian Anda masih sibuk memeriksa ponsel di atas tempat tidur.

Hal ini akan membuat Anda terlambat memulai hari dan merusak jadwal kegiatan.

Add a Comment