primaberita
Kuliner Nasional

Wow ! Roti Gambang Masuk Daftar 50 Roti Terbaik Di Dunia

Primaberita Roti Gambang khas Betawi masuk dalam daftar 50 Roti Terbaik di Dunia versi CNN. Roti Gambang disandingkan dengan baguette dari Prancis, ciabatta dari Italia, dan Karavai khas Rusia.

Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia ini dirilis dalam rangka memperingati World Bread Day atau Hari Roti Sedunia setiap 16 Oktober. Daftar ini dikurasi oleh mantan chef pastry Jen Rose Smith.

Daftar ini memuat 50 roti terbaik di dunia yang disusun berdasarkan abjad. Selain rasa yang nikmat dan unik, setiap roti memiliki cerita dan nilai tersendiri.

Baca juga : Jokowi-Ma’ruf Resmi Jadi Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024, Sah..

Roti gambang merupakan roti yang diambil dari nama alat musik tradisional Betawi, gambang kromong. Alat musik ini memadukan gamelan dengan alat musik asal China.

Roti gambang kaya akan nilai sejarah yang menemani perjuangan melawan penjajah. Roti ini banyak mengadopsi teknik dan pembuatan dari Belanda.

Roti ini terbuat dari gula merah yang lebih mudah didapatkan di Indonesia ketika itu dan membuatnya menjadi kecokelatan. Kayu manis yang juga berlimpah ditambahkan untuk memberikan aroma yang lezat.  Wijen dibubuhkan di atas roti sebagai pemanis.

Terkait : Aries Susanti Putri Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

Cita rasanya yang manis dari gula aren dan wangi aroma kayu manis dibalut dengan tekstur keras berwarna cokelat. Taburan wijen yang penuh di punggungnya menambah rasa unik di lidah. Pada masa kolonial, roti gambang dikenal sebagai roti yang kerap dinikmati orang Belanda atau Hindia Belanda.

Namun sejak era kemerdekaan, roti tersebut bergeser eksistensinya menjadi hidangan sarapan orang Betawi dan orang Semarang. Menikmati roti gambang ternyata ada cara-caranya agar rasa manis nan unik dari roti bertekstur keras ini dapat terasa menendang lidah kita.