Sebelum Usia 30 Tahun, Lakukan 9 Hal Ini Dengan Berani

primaberita-sebelum-usia-30

Primaberita – Menapaki satu persatu pergantian tahun kelahiran dan bertambahnya usia membuat kita banyak berpikir. Sebelum usia 30 tahun. Apa yang sudah kita lakukan? Apa yang belum kita lakukan? Apa yang hanya menjadi rencana tanpa bisa kita wujudkan?. Ya, wajib untuk kita yang masih berusia di bawah 30 tahun untuk benar-benar melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Berikut 9 hal yang dilakukan dengan berani sebelum usia 30 tahun :

1.Membangun bisnis meski harus kehabisan modal

Tidak semua anak muda memiliki keberanian mengambil resiko besar di dalam hidupnya. Sebab ada dari mereka yang merasa nyaman dan enggan melakukan sesuatu yang berbeda di dalam hidupnya. Salah satunya yaitu mendirikan bisnis.

Namun nyatanya membuka usaha sendiri di usia muda menjadi pertanda anda bisa beradaptasi dan siap dengan persaingan di luar sana. Urusan modal yang sedikit, waktu yang tidak fleksibel tapi setidaknya cobalah sekali saja dalam hidupmu.

2. Menjelajah tempat baru seorang diri

Anak muda zaman sekarang mungkin sedikit kurang memahami apa itu arti menjelajah tempat baru. Bertemu dengan orang baru dan belajar budaya di tempat yang benar-benar baru. Padahal nyatanya, saat memilih untuk tarveling bisa mendapatkan lebih dari sekedar foto selfie yang pas untuk feed media sosial.

Baca juga : Atasi Kejenuhan Di Tempat Kerja Dengan 5 Cara Ampuh Ini

Ya, mungkin anda harus mencoba untuk pergi ke tempat yang anda sukai seorang diri. Bukan untuk menyendiri atau tidak suka saat ditemani. Tapi anda akan merasakan saat di mana anda benar-benar menyatu dan dekat dengan lingkungan yang baru. Anda tidak akan merasa repot dengan pilihan yang tidak sama dengan anda. Anda pun akan lebih mengenal dirimu sendiri.

3. Sibuklah bekerja meski merasa lelah dan jengah

Ada kalanya pekerjaan yang kita lakukan pun tidak sesuai ekspektasi. Tapi inilah dunia kerja, dimana anda akan merasa lelah, jenuh, dan bahkan ingin sekali cuti selama berminggu-minggu. Jangan menyalahkan pekerjaan yang bahkan tidak sesuai passion. Semua pekerjaan memberikan banyak pelajaran yang bahkan anda sendiri tidak akan mendapatkannya di bangku kuliah. Gunakanlah waktu anda untuk mengasah kemampuan dan memperbanyak pengalaman.

4. Berkenalan dengan banyak orang baru

Saat anda tahu anda membutuhkan banyak koneksi untuk bisa berkembang, maka jangan menutup diri. Berkenalanlah dengan banyak orang. Cari tahu bagaimana mereka saat anda berkomunikasi dengan mereka. Bahkan jangan ragu untuk hadir di berbagai acara yang tidak anda tahu sebelumnya. Dari situlah anda bisa mendapatkan banyak kenalan baru untuk mengembangkan koneksi anda nantinya.

5. Beli barang mewah untuk investasi masa depan

Jangan mencela mereka yang suka membeli barang-barang mewah. Ada banyak alasan kenapa mereka rela menghabiskan banyak uang hanya untuk 1 barang yang harganya selangit. Anda pun yang masih berusia 20an tahun bisa melakukannya. Menyisihkan uang jajan, menabung dari keuntungan bisnis dan membeli barang -barang seperti mobil, sepeda motor, mencicil rumah adalah hal yang wajar. Jadikan ini sebagai investasi di usia lanjut nanti. Jangan hambur-hamburkan uang hanya untuk kesenangan sesaat saja. Investasikan juga untuk masa depan.

6. Buat karya meski harus dicaci

Sedikit saja anda membuat sebuah karya yang berbeda dari biasanya, pasti cacian yang akan anda dapatkan. Lingkungan, teman bahkan keluarga tidak bisa serta merta langsung menerima kemampuan anda dalam membuat sesuatu yang tidak biasa.

Contohnya saja saat anda memiliki kemampuan dalam hal bernyanyi, jangan pernah ragu untuk ikut kontes. Buatlah akun youtube cover lagu atau asah kemampuan lebih dalam lagi dalam hal bernyanyi.

7. Berani berkenalan dan melabuhkan pilihan untuk teman hidup

Nah, yang satu ini juga harus di lakukan. Meski jodoh adalah rahasia Tuhan atau sudah disediakan Tuhan. Bukan berarti anda duduk santai menunggu jodoh datang sendirinya. Namun anda harus menemukan tambatan hati. Jodoh itu selain dicari, juga harus dikejar. Mengingat usia akan semakin tua pastinya tingkat kesulitan dalam mencari pasangan akan tinggi. Saingan akan semakin banyak ditambah lagi dengan zaman yang berkembang dengan sangat pesat.

Anda harus berani berkenalan, membuka hati meski sempat tersakiti dan memutuskan untuk menikah saat sudah memiliki kekasih.

Ya, menikah menjadi impian dari banyak orang. Tidak terkecuali bagi sebagian orang yang dirasa sudah mencapai banyak hal, mulai dari lulus kuliah, bekerja dan berpenghasilan tetap, memiliki usahanya sendiri. Banyakin saja berdoa. Siapa tahu jodoh akan segera hadir saat masih berusia 20an tahun.

Add a Comment