Dipertahankan Jokowi : 7 Menteri Lama Ini Diprediksi Akan Bertahan

primaberita-menteri-lama-diprediksi-bertahan

Primaberita – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membocorkan akan mempertahankan sejumlah menteri lama dalam susunan Kabinet Jokowi Jilid 2. Spekulasi mulai muncul tentang siapa menteri – menteri lama yang akan dipertahankan Jokowi. Ada 7 menteri lama diprediksi bertahan pada kabinet Jokowi. Hingga Saat ini Presiden Jokowi masih menutup rapat-rapat nama-nama calon menteri Kabinet Jokowi jilid 2.

Meski belum disebutkan dengan jelas satu persatu nama-nama menterinya namun Presiden Jokowi mengatakan bahwa susunan kabinet sudah selesai. Tinggal menunggu waktu setelah pelantikan maka akan diumumkan.

Berikut sejumlah menteri lama diprediksi akan kembali mengisi kabinet Jokowi :

1. Susi Pudjiastuti

Di posisi pertama ada Menteri Kelautan dan Perikanan. Siapa yang tidak mengenal keberanian beliau menjaga laut Indonesia. Bahkan sudah banyak pihak menilai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti layak untuk dipertahakan sebagai menteri.

Meski demikian, Susi justru mengisyaratkan tidak akan menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.  Namun bukan berarti Susi tidak akan masuk kabinet. Jika tak menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, tidak menutup kemungkinan Susi berpindah posisi menjadi menteri lain.

2. Basuki Hadimulyono

Pada posisi ke dua ada Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (Menteri PUPR), juga diprediksi kuat akan dipertahankan dalam kabinet. Basuki pun sangat besar peluangnya dipertahankan Jokowi karena berperan menjalankan program infrastruktur, program yang banyak disebut sebagai keberhasilan Jokowi. 

3.Bambang Brodjonegoro

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro akan tetap ada di susunan Kabinet Kerja Jilid II Jokowi-KH Maruf Amin.

Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, Bambang layak dipertahankan terkait perpindahan ibukota negara. Selama ini terlihat peran aktif dari Bambang Brodjonegoro, dalam merencanakan dan menganalisa semua lokasi calon ibukota negara.

4. Retno LP Marsudi

Hendri Satrio melihat juga sosok Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi akan tetap berada di Kabinet Jokowi-KH Maruf Amin. Pada tahun lalu, Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, setelah mendapatkan 144 suara di pertemuan Majelis Umum PBB.

5. Budi Karya Sumadi

Menurut Hendri Satrio, sosok Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan tetap dipertahankan Jokowi untuk periode kedua pemerintahannya.

Seperti Menteri PUPR, Budai Karya kata dia, telah memberikan warisan tersendiri bagi bangsa ini khususnya terkait percepatan pembanguan transportasi di Indonesia. Termasuk pembangunan dan revitalisasi bandara-bandara di daerah dan transportasi daring (online).

6. Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menurut Hendri Satrio, akan dipertahankan Jokowi untuk mengisi kabinet kerja Jilid II.

7. Airlangga Hartarto

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto diperkirakan kuat bakal kembali menjadi menteri di kabinet Jokowi. Terlebih saat ini, Airlangga juga tidak mencalonkan diri sebagai anggota DPR sehingga tidak menduduki jabatan di DPR ataupun MPR.

Sebagai partai kedua pemenang pemilu, Golkar pun berpeluang memperoleh kursi menteri terbanyak kedua setelah PDIP. Hal itu tentunya semakin memperbesar peluang Airlangga masuk dalam kabinet.

Add a Comment