Lega! Perang Dagang AS-China Bakal Berakhir Juga

Lega

Pernyataan dari pihak China tersebut membuat pelaku pasar lega lantaran sebelumnya ada kekhawatiran bahwa AS dan China akan sama-sama all-in. Dalam menghadapi perang dagang yang sudah berlangsung selama lebih dari satu setengah tahun tersebut.

Seperti yang diketahui, tensi antara kedua negara memanas menjelang dan pada saat akhir pekan lalu. Penyebabnya, China mengumumkan bahwa pihaknya akan membebankan bea masuk bagi produk impor asal AS senilai US$ 75 miliar. Pembebanan bea masuk tersebut akan mulai berlaku efektif dalam dua waktu, yakni 1 September dan 15 Desember. Bea masuk yang dikenakan China berkisar antara 5%-10%.

China juga mengumumkan pengenaan bea masuk senilai 25% terhadap mobil asal pabrikan AS. Serta bea masuk sebesar 5% atas komponen mobil, berlaku efektif pada 15 Desember. Untuk diketahui, China sebelumnya telah berhenti membebankan bea masuk tersebut pada bulan April, sebelum kini kembali mengaktifkannya.

AS pun merespons dengan mengumumkan bahwa per tanggal 1 Oktober. Pihaknya akan menaikkan bea masuk bagi US$ 250 miliar produk impor asal China, dari yang saat ini sebesar 25% menjadi 30%.

Baca juga: Kendaraan Bermotor Listrik Ditargetkan Mencapai 10 Juta unit

Add a Comment