Ini Keistimewaan Di Malam Lailatul Qadr

Primaberita.com – Bulan ramadhan menjadi bulan yang membawa banyak berkah bagi umat muslim. Karena setiap ibadah yang dilakukan akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu umat muslim berlomba-lomba melakukan banyak kebaikan dibulan yang penuh dengan berkah ini.

Ada satu malam, yang menjadi sangat spesial di bulan ramadhan. Yaitu malam lailatul qadr. Dalam bahasa arab lailatul qadr berarti malam ketetapan. Karena barang siapa berdoa di malam lailatul qadr maka doanya akan diijabah oleh Allah.

Allah Ta’ala berfirman: “Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (Q.s. Al-Qadar:2–3).

Maka, bagi umat muslim hendaklah melakukan lebih banyak ibadah saat malam lailatul qadr. Sesungguhnya tidak satupun yang mengetahui kehadiran malam lailatul qadr. Akan tetapi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam hanya memberikan tanda bahwa lailatul qadar tersebut hadir pada sepuluh malam terakhir, tepatnya di malam-malam ganjil. Sebagaima sabdanya: Carilah malam malam Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil pada sepuluh malam terakhir.” (Muttafaqun ‘alaih).

Para ahli agama dan beberapa periwayat hadis seperti Imam Bukhari, Abu Malik, Abdullah Bin Umar, Mujahid, Imam Muslim dan sebagainya menyebutkan bahwa di malam Lailatul Qadar, penulisan takdir di lauhul mahfudz dalam setahun akan dirinci. Di malam ini, ketentuan ajal juga rezeki juga akan kembali dicatat dan ditetapkan. Siapa yang mendirikan salat malam dengan sungguh-sungguh di malam ini, Allah juga akan menjamin pengampunan untuknya. Allah bahkan akan menggugurkan dosa-dosa yang pernah dibuatnya selama ini.

Add a Comment