Lebih Luas Dari Kualanamu, Bandara Kertajati Jadi Bandara Terbesar Kedua Di Indonesia

Primaberita.com – Usai di resmikan oleh Presiden Jokowi pada Kamis, 24 Mei 2018, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang disebut juga sebagai Bandara Kertajati menjadi Bandara terbesar kedua setelah Soekarno-Hatta.

Dibangun diatas lahan seluas 1.800 ha, Bandara Kertajati menggeser Bandara Kualanamu yang ada di Deliserdang, Sumatera Utara. Di tahap pertama pembangunan, BIJB akan mengoperasikan satu landasan terbang sepanjang 3500 meter.

Sementara itu, total area bangunan Terminal Penumpang sendiri adalah 121,000 meter persegi, yang dapat menampung 5 juta penumpang/tahun dan akan bisa menampung 18 juta lalu lintas penumpang di tahun berikutnya.

Dengan dibangun nya Bandara Kertajati ini, Presiden Jokowi berharap jika hal tersebut bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di provinsi Jawa Barat dan menjadi kebanggan masyarakat di provinsi yang memiliki popoulasi paling besar di Indonesia tersebut.

Bandara Kertajati sendiri rencana nya akan efektif beroperasi pada 8 Juni mendatang. Nantinya, Bandara Kertajati dapat melayani penerbangan ke Denpasar, Surabaya, Ujung Pandang, Balikpapan, dan Medan. Selain itu, bandara tersebut juga nantinya akan melayani penerbangan haji langsung ke Arab Saudi.

Add a Comment