Kereta Api Medan-Belawan Mulai beroperasi Hari Ini

Primaberita.com – PT. Kereta Api Indonesia Divisi Region I Sumatera Utara kembali mengaktifkan rute kereta api penumpang dari kota Medan menuju Belawan setelah kurang lebih 7 tahun tidak beroperasi.

Kereta api jurusan ini akan melayani penumpang dari stasiun Medan sekitar pukul 09.00 WIB dengan lamanya perjalanan sekitar 40 menit. Untuk tahap awal, layanan kereta api Medan – Belawan  -Medan  itu beroperasi satu kali sepekan, atau saat Kapal Penumpang Kelud dari Pelabuhan Tanjung Priok tiba  di Belawan.

“Operasional kereta penumpang Medan-Belawan-Medan diaktifkan mulai Selasa (9/1) mengambil momentum  Kapal Penumpang Kelud tiba di Belawan,” ujar Vice President KAI Divisi Regional Sumatera Utara (Divre Sumut)  Aslikan di Medan, Minggu.

“Kalau 30 persen saja dari total penumpang Kelud bisa diangkut KAI, maka kursi kereta api yang disediakan KAI  sebanyak 530 tenpat duduk bisa terisi penuh,” ujarnya.

Sebelum dioperasikan manajeman KAI sudah membenahi sarana dan prasarana rel dan peron, dan uji kelayakan  kereta api penumpang juga telah dilakukan.

Kembali dioperasikannya kereta api jurusan dari Medan ke Belawan juga bertujuan untuk meningkatkan konektivitas transportasi di Sumatera Utara. Apalagi Belawan dikenal sebagai salah satu objek wisata  sejarah dan laut, selain itu kuliner dan tempat perbelanjaan di belawan juga semakin terkenal. Oleh karena itu di butuhkan kemudahan transportasi agar semakin banyak wisatawan yang mengenal kota Belawan.

Add a Comment