PrimaBerita Kementerian Perhubungan menggandeng sejumlah perusahaan otomotif untuk melakukan konvoi menggunakan kendaraan bermotor listrik (KBL) pada Sabtu (31/8) bertempat di kawasan Monas. Kegiatan konvoi dan pameran kendaraan listrik ini akan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan para menteri.

“Sejumlah perusahaan otomotif tersebut akan memamerkan kendaraannya dan akan dijajal untuk kegiatan konvoi bersama Presiden dan sejumlah pimpinan Kementerian, Lembaga, BUMN dan sejumlah Direksi perusahaan otomotif swasta,” tuturnya.

“Kemenhub sengaja menggandeng sejumlah perusahaan otomotif untuk melakukan konvoi mobil dan motor listrik dalam rangka memperkenalkan kepada masyarakat tentang kendaraan bertenaga listrik,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan, Jumat (30/8)

Baca juga: Pertamina: Digitalisasi Dianggap Dapat efisiensi Hingga 5 Triliun Rupiah

Solusi

Ia mengatakan masyarakat perlu mengetahui bahwa kehadiran kendaraan yang ramah lingkungan ini sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara di kota-kota besar seperti Jakarta dan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

Pasca terbitnya Perpres 55 Tahun 2019 Tentang percepatan program kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, Kemenhub tengah menyiapkan peraturan Menteri Perhubungan tentang Uji Tipe dan Uji Berkala.

“Paralel dengan itu Kemenhub terus mendorong stakeholder transportasi untuk bersiap mengimplementasikan kendaraan listrik terutama untuk angkutan umum massal perkotaan,” kata Hengki. 

Sejumlah perusahaan otomotif yang ikut serta dalam kegiatan konvoi kendaraan listrik di antaranya, produsen kendaraan Listrik dalam negeriseperti, Gesits.

Kegiatan konvoi kendaraan bermotor listrik akan berlangsung di Lapangan Silang Monas, Sabtu 31 Agustus 2019 yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Direncanakan konvoi kendaraan listrik akan mengambil rute mulai dari Monas – Thamrin – Sudirman – Senayan dan kembali ke Monas.

Baca juga: Kendaraan Bermotor Listrik Ditargetkan Mencapai 10 Juta unit