Begini Cara Mendiagnosis Kanker Lambung, Waspadai Segera

Cara Mendiagnosis Kanker Lambung

PrimaBerita – Kanker lambung atau kanker perut merupakan gangguan yang terjadi ketika sel-sel kanker terbentuk pada lapisan dalam perut. Sel-sel ini bertumbuh menjadi tumor dengan lambat selama bertahun-tahun. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendiagnosis kanker lambung.

Jika nada mengetawahuinya lecih cepat, maka pengobatan dapat lebih cepat dan mudah untuk anda obati. Terdapat beberapa gejala yang terkait dengan kanker lambung. Namun, karena gejala tersebut juga terjadi dalam banyak kondisi lain yang kurang serius, kanker lambung mungkin sulit untuk anda kenali pada awalnya. Maka dari itu, banyak pengidap kanker lambung tidak terdiagnosis sampai penyakitnya sudah parah.

Gejala awal kanker lambung dapat meliputi:

  • Sensasi sangat kenyang saat makan.
  • Kesulitan menelan, atau sebagai disfagia.
  • Perasaan kembung setelah makan.
  • Sering bersendawa.
  • Gangguan pencernaan yang tidak hilang.
  • Sakit perut, atau sakit pada tulang dada.
  • Muntah, yang mungkin mengandung darah.

Tanda-tanda dan gejala-gejala lainnya yang harus anda lihat sebagai hal yang mendesak pada orang-orang yang berisiko tinggi terkena kanker perut, yaitu:

Disfagia atau kesulitan untuk menelan.

Gangguan pencernaan, penurunan berat badan yang tak terduga, muntah, atau anemia, serta kelelahan dan sesak napas.

Berikut Cara Mendiagnosis Kanker Lambung :

Untuk mengetahui apakah seseorang mengidap kanker perut, pertama-tama dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan untuk melihat apakah kamu memiliki faktor risiko kanker perut atau anggota keluarga pernah mengalaminya. Setelah itu, kamu akan mendapatkan beberapa tes, berikut ini:

Tes Kamera

Tes gastroskopi (sejenis endoskopi) yang dilakukan untuk mencari masalah dalam perut, termasuk kanker lambung.

Selama gastroskopi, sebuah tabung panjang tipis, fleksibel dengan kamera kecil dalamnya (endoskop) akandimasukkan ke dalam mulut, melalui tenggorokan, ke dalam perut. Seorang dokter atau spesialis akan menggunakan kamera endoskopi untuk menemukan masalah apa pun dalam perut.

Bila ada area yang mencurigakan yang anda temukan selama endoskopi bagian atas, dokter mungkin akan menggunakan alat khusus untuk mengambil sampel jaringan (biopsi) untuk pengujian. Sampel tersebut akan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Tes ini tidak sakit, hanya menimbulkan ketidaknyamanan. Tes ini biasanya berlangsung sekitar 10-15 menit.

Pemeriksaan Barium X-ray

Pemeriksaan X-ray barium ini dengan membuat seseorang yang akan dokter periksa untuk minum cairan berkapur yang mengandung zat yaitu barium, yang membuat perut muncul pada X-ray. Namun, saat ini, hal ini lebih jarang dokter gunakan untuk mendiagnosis kanker lambung.

Organ-organ seperti perut biasanya tidak muncul pada X-ray, karena terbuat dari jaringan lunak yang tidak cukup padat untuk menghentikan sinar-X yang lewat. Namun, ketika organ-organ ini diisi dengan barium, barium dapat menghalangi sinar-X dan muncul putih pada layar sinar-X.

Pemindaian Ultrasound pada Hati

Jika dokter anda berpikir kanker perut mungkin telah menyebar ke hati, maka mungkin perlu untuk melakukan USG hati. Jenis pemindaian ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar hati pada tubuh.

Add a Comment