Ini Penyebab HP bisa Mati Sendiri Ketika Anda Gunakan

penyebab hp mati sendiri

PrimaBerita – Pengunaan Handphone atau HP saat ini merupakan hal yang sangat membantu dalam beraktivitas. Saat ini sudah banyak orang menggunakan HP untuk kebutuhan usahanya. Namun terkadang hp bisa mati tiba-tiba. Untuk mengatasinya anda harus mengetahui penyebab HP bisa mati sendiri ketika anda gunakan.

Penyebab HP mati sendiri ini bisa saja berasal dari masalah pada perangkat keras, gangguan perangkat lunak, atau pengaturan yang tidak tepat.

Berikut Penyebab HP bisa Mati Sendiri Ketika Anda Gunakan

Penyetelan Ulang Perangkat Internal

Sistem terkadang mati setelah penggunaan yang lama untuk memuat ulang memorinya dan itu adalah situasi yang normal, karena tidak membahayakan ponsel.

Sebaiknya sesekali mulai ulang (reset) perangkat setelah Anda gunakan selama beberapa hari untuk mengatur ulang sistem dan menghapus cache aplikasi, yang juga membuat perangkat berjalan dengan lancar juga.

Baterai Rusak

Hal pertama yang harus anda periksa ketika ponsel mati secara tiba-tiba adalah baterainya. Baterai tidak mencukupi, ini dapat memicu perangkat untuk mati.

Isi ulang daya ponsel Anda dan biarkan perangkat mengisi daya selama beberapa jam dan periksa apakah sudah berfungsi dengan baik. Jika ponsel masih tidak berfungsi dengan baik, itu berarti Anda memiliki masalah yang lain.

Penggunaan CPU yang Tinggi

CPU ponsel mampu menjalankan sejumlah aplikasi di latar belakang. Namun, penggunaan arus tinggi dalam jangka panjang oleh suatu aplikasi akan membutuhkan CPU untuk mengatur ulang dan membuat ponsel terus mati secara otomatis.

Copot pemasangan aplikasi jika hal ini terjadi karena pemasangan aplikasi dan mulai ulang perangkat untuk memeriksa kebenaran hal tersebut.

Daya Hidup & Mati yang Terjadwal

Penyebab HP mati sendiri yang keempat adalah karena adanya daya hidup dan mati yang terjadwal. Pengaktifan & penonaktifan terjadwal adalah fitur praktis pada ponsel Android yang membantu Anda mematikan HP secara otomatis pada malam hari dan kembali menyala pada pagi hari berdasarkan pengaturan.

Pengaturan ini juga berfungsi berdasarkan waktu yang Anda tetapkan untuk itu. Misalnya, dapat mematikan telepon Anda tepat pada jam 1 siang jika itu yang Anda atur. Anda perlu menonaktifkannya untuk menghindari matinya ponsel secara otomatis.

Tombol Power Rusak

ika Anda sudah mencoba cara perbaikan HP mati sebelumnya, namun perangkat masih terus mati dengan sendirinya, Anda perlu memeriksa tombol power pada perangkat.

Biasanya, sebagian besar ponsel Android dirancang untuk memulai ulang setelah 8-10 detik menahan tombol power tersebut. Oleh karena itu, tombol power yang tidak berfungsi dapat memicu perangkat mati secara tiba-tiba.

Memori tidak Cukup

Jika Anda mengalami ponsel yang mati sendiri setelah memainkan game yang berat atau menjalankan beberapa aplikasi, coba batasi jumlah aplikasi yang dijalankan pada satu waktu agar ponsel tetap bisa berjalan dengan lancar.

Add a Comment