Apa Itu April Mop? Yuk Intip Sejarah dan Tradisinya di Berbagai Negara

sejarah april mop

PrimaBerita – Mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya seputar apa itu April Mop, termasuk sejarah April Mop. Namun bagi sebagian lainnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Di negara-negara barat, istilah April Mop dikenal dengan ‘April Fools Day‘ dan biasa dirayakan setiap tahun pada awal bulan april. Bahkan perayaan ini sudah ada selama beberapa abad oleh berbagai budaya sekalipun asal-usal April Mop masih menjadi misteri.

Tradisi April Mop sendiri setiap tahunnya juga banyak dilakukan oleh kalangan muda di berbagai negara. Biasanya orang-orang akan bermain tipuan atau lelucon praktis tentang orang lain. Bahkan pada hari April Mop setiap tanggal 1 april orang-orang juga tak jarang orang mempermalukan orang atau teman yang mudah tertipu. Lalu pada akhir petunjuk tentang topik lelucon, orang-orang tersebut akan meneriakkan ‘April Mop!’. Itulah serunya April Mop.

Mengutip dari history.com, beberapa sejarawan berspekulasi bahwa sejarah hari April Mop sudah ada sejak tahun 1582 ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian. Dalam kalender Julian atau seperti dalam kalender Hindu, permulaan tahun baru dengan titik balik musim semi berlangsung sekitar tanggal 1 april.

Jadi orang-orang yang lamban dalam mendapatkan berita atau gagal menyadari bahwa awal tahun baru telah berpindah ke tanggal 1 januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir maret hingga 1 april menjadi bahan lelucon dan hoaks. Kemudian hari April Mop inipun telah menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18.

Tradisi April Mop Berbagai Negara

  • Belanda

Belanda punya alasan tersendiri untuk merayakan tanggal 1 april. Pada 1572 Belanda ada pada kekuasaan Spanyol dan pada 1 april 1572 pemberontak Belanda merebut kota Den Briel. Duke of Alba yang menjadi komandan tentara Spanyol kala itu tidak dapat mencegah pemberontakan dari mengumpulkan momentum. Sementara itu Bril dalam bahasa Belanda berarti Kacamata. Jadi boleh dikatakan bahwa Alba telah kehilangan kacamatanya. Belanda memperingati 1 april dengan humor.

  • Skotlandia

Mengutip dari sumber, orang-orang Skotlandia merayakan April Mop selama 2 hari. Namun mereka juga menyebutnya dengan sebutan ‘Taily Day’ karena hari kedua berkhusus untuk lelucon yang melibatkan bokong. Kalimat ‘Tendang Aku’ juga akan sering muncul pada perayaan Taily Day.

  • China

April Mop adalah hari untuk lelucon dan bersenang-senang bagi orang Tiongkok. Mereka biasanya akan menipu orang lain dengan berita palsu, menempelkan tanda pada orang tanpa mereka tahu, maupun menakut-nakuti orang lain.

  • Prancis

Bagi masyarakat Prancis, April Mop juga terkenal sebagai Poisson d’avril atau April Fish. Adapun bagian dari tradisi ini bagi orang Prancis biasanya dengan menempatkan ikan mati ke punggung teman tanpa teman menyadarinya. Meski demikian saat ini ikan asli telah terganti dengan kertas yang berbentuk ikan.

Add a Comment