Wajib Anda Ketahui, Perbedaan Kanker dan Tumor

PrimaDailyKanker dan tumor memiliki perbedaan, meski sama-sama berbahaya bagi tubuh tetap saja keduanya adalah berbeda. Meski sama-sama menimbulkan benjolan pada bagian tubuh, banyak orang kerap menyamakan keduanya.

Berikut perbedaan kanker dan Tumor :

Tumor adalah ondisi medis yang merupakan pertumbuhan sel yang enggak normal pada bagian tubuh tertentu. Selain itu, tumor juga merupakan kondisi pembengkakan yang penyebabnya karena adanya inflamasi atau peradangan.

Tumor terbagi menjadi dua berdasarkan pertumbuhannya, yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Ketika pertumbuhan sel yang abnormal itu cuma terjadi pada bagian tubuh tertentu, alias enggak menyebar, maka itu adalah tumor jinak. Sedangkan bila sel yang abnormal tersebut menyebar ke bagian tubuh lain, maka bisa anda sebut tumor ganas atau kanker. Kanker sendiri merupakan tumor ganas.

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka mereka akan mengakumulasi berbagai mutasi dalam DNA-nya. Artinya, tingkat prevalensi terjadi tumor akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Kata ahli, ketika seseorang yang terbilang tua mengidap tumor, kemungkinan besar itu adalah tumor ganas.

Bila terdapat benjolan pada tubuh anda, misalnya pada daerah payudara, jangan buru-buru mengartikan bahwa itu adalah kanker. Pasalnya, menurut data dari para ahli, hanya 15 persen dari benjolan yang bisa berkembang menjadi kanker.

Menurut ahli dari Perhimpunan Onkologi Indonesia, selain kanker, benjolan pada payudara bisa saja berupa tumor jinak. Nah, meskipun begitu, tidak seberbahaya kanker karena tidak menyebabkan kegagalan organ yang dihinggapinya, tapi keduanya harus tetap anda waspadai.

Ada perbedaan mendasar antara kedua kondisi ini. Kata ahli, kanker itu lebih cepat tumbuh. Misalnya, dalam 8-200 hari sel-sel kanker bisa membelah dengan sangat cepat. Sendangkan tumor jinak enggak seperti itu, pertumbuhannya cenderung lebih lambat.

Selain itu, perbedaannya juga bisa anda rasakan bila bagian tubuh yang terdapat benjolan jika anda raba. Benjolan kanker akan terasa padat dan keras ketika diraba, rasanya seperti meraba tulang.

Sedangkan tumor lain ceritanya. Benjolan tumor ketika anda tekan bisa bergeser, enggak seperti kanker yang kaku. Pasalnya, sel-sel kanker umumnya melakukan infiltrasi (penyusupan) terhadap jaringan-jaringan sekitarnya, maka sulit untuk anda gerakkan.

Kata ahli, benjolan kanker juga bisa menimbulkan perubahan pada area yang dihinggapinya. Contohnya, pada payudara. Benjolan kanker yang berkembang lebih lanjut bisa menimbulkan perubahan pada permukaan payudara. Misanya, putng tertarik ke dalam.

Kanker dan tumor memiliki persamaan

Selain sama-sama menimbulkan benjolan pada bagian tubuh tertentu, kanker dan tumor juga memiliki berbagai persamaan.

  1. Keduanya sama-sama bisa kambuh kemudian hari. Jika pengobatan tidak anda lakukan dengan tepat.
  2. Sama-sama berbahaya. Meski kanker memang lebih berbahaya, tapi jangan pernah menganggap remeh tumor jinak. sebab pada beberapa kasus tumor jinak bisa sangat berbahaya. Contohnya, tumor otak yang bisa menghancurkan struktur otak secara perlahan.
  3. Bisa sama-sama tumbuh cukup besar. Keduanya sama-sama bisa tumbuh hingga ukuran yang sangat besar.

Sumber artikel: Primadaily.comWajib Anda Ketahui, Perbedaan Kanker dan Tumor.

Add a Comment