5 Penyebab Suara Anda Berubah Menjadi Serak

penyebab suara serak

PrimaBerita – Jika tenggorokan anda sedang bermasalah, tentu anda akan mengalami terjadinya perubahan suara seperti kehilangan suara atau bahkan serak. Tahukah anda penyebab suara anda berubah menjadi serak?.

Jika suara sudah serak, maka anda akan merasa tidak percaya diri lagi untuk berbicara sehingga akan mengganggu penampilan anda untuk mengeluarkan suara.

Masalah perubahan suara menjadi serak atau parau ini penyebabnya bisa karena berbagai hal. Masalah ini juga bisa jadi tanda adanya kondisi kesehatan tertentu yang tengah anda alami. Beberapa penyebab terjadinya suara serak ini bisa karena masalah kesehatan sehari-hari.

Melansir dari berbagai sumber, Berikut 5 Penyebab Suara Anda Berubah Menjadi Serak

Demam

Saat anda mengalami demam, pita suara anda bisa membengkak sehingga getarannya terpengaruh, hal itulah yang membuat suara menjadi berubah.  Ketika berbicara, terjadi getaran dari dua pita suara sehingga munculnya suara.

Untuk mengembalikan suara anda, sebaiknya minum banyak air dan obat flu karena mampu mengurangi peradangan pada tenggorokan.

Berlebihan Menggunakan Suara

Menggunakan suara dengan berlebihan akan membuat suara anda serak. Hal ini akibat tenggorokan dan otot mulut kelelahan atau cedera sehingga terjadinya perubahan pada suara.  Kebiasaan bernyanyi atau berbicara terlalu banyak sebaiknya anda batasi agar suara anda tidak serak.

Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan suara menjadi serak. Asap rokok yang biasa masuk ke dalam mulut bisa menyebabkan iritasi pada pita suara. Tidak hanya itu,  juga bisa berujung tumbuhnya jaringan non-kanker pada sekitar pita suara yang bisa membuat suara anda berubah dan kesulitan bernapas.

Reaksi Alergi

Seperti hidung berair, mata gatal, dan bersin bekali-kali, bengkaknya pita suara merupakan gejala umum dari reaksi alergi. Produksi lendir yang berlebih bisa masuk ke tenggorokan dan berdampak pada pita suara. Bahkan obat untuk mengatasi alergi juga bisa membuat tenggorokan menjadi kering dan melukai pita suara.

Asam Lambung

Asam lambung bisa naik dan mengganggu hingga ke dalam kerongkokan. Keberadaan asam lambung bisa menyebabkan peradangan pada kota suara, pita suara, dan ternggorokan yang berujung pada suara serak dan bersin.

Add a Comment