Unik! Di Negara Ini Sampah Bisa Ditukar dengan Makanan

Sampah Ditukar dengan Makanan

PrimaBerita – Hal yang tergolong unik namun bermanfaat, di beberapa negara sampah bisa ditukar dengan berbagai jenis makanan ataupun bahan makanan. Adapun sistem penukaran sampah dengan makanan ini merupakan bentuk kepedulian serta kedasaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Secara umum program tersebut dilakukan oleh pemerintah setempat dan sejumlah organisasi non profit.

Cara ini terbilang cukup efektif. Sebab masyarakat akan membersihkan sampah dari lingkungan sekitar mereka untuk mendapatkan makanan gratis. Berikut 4 negara yang menawarkan penukaran sampah dengan makanan.

Melalui organisasi South Delhi Muncipal Corporation India, sudah ada lebih dari 23 kafe sampah negara India. Pasalnya sampah plastik menjadi sebuah permasalahan yang serius bagi mereka. Jadi untuk ikut berpartisipai dalam program ini, warga hanya perlu menukarkan sampah yang mereka kumpulkan. Setelah itu mereka akan mendapatkan makanan gratis. Setiap 1 kg sampah, masyarakat bisa mendapatkan kupon gratis makan pagi, siang, dan malam.

  • Meksiko

Sejak tahun 2012 lalu negara Meksiko sudah aktif mengadakan program penukaran sampah dengan makanan yang bernama Mercado de Trueque. Namun program penukaran sampah ini berlangsung setiap bulan. Untuk pilihan makanannya sendiri beragam, mulai dari sayuran, buah-buahan, dan bahan makanan lainnya.

  • Filipina

Sampah plastik menjadi masalah serius bagi negara Filipina karena sampah plastik paling sulit terurai. Oleh karena itu desa setempatpun harus bergerak aktif mengurangi sampah plastik. Seperti desa Bayanan, sampah bisa ditukar dengan bahan makanan. Per 2 kilogram sampah plastik bisa mereka tukarkan dengan 1 kilogram beras secara gratis.

  • Indonesia

Tahukah anda bahwa negara kita juga ada yang membuat program penukaran sampah dengan makanan. Banyak organisasi bank sampah yang sudah berdiri dengan tujuan mengajak warga supaya menukarkan sampah dengan sayuran segar. Beberapa bank sampah yang bisa anda temui yaitu bank sampah daerah Klaten Yogyakarta, organisasi bank sampah Guyup Rukun, LSM Lestari, PT Tirta Investama Klaten, maupun Paguyuban Bank Sampah Semut Harjo. Organisasi-organisasi tersebut membuka program penukaran sampah dengan jenis sampah yang beragam mulai dari kardus hingga botol bekas.

Add a Comment