Tips Membuat Pancake Agar Tidak Lengket dan Gosong

tips membuat pancake

PrimaBerita – Tips paling ampuh untuk membuat pancake agar tidak mudah lengket dan gosong yaitu harus dimasak dengan cara yang tepat. Dan cara memasak yang tepat tersebut bisa dilakukan dengan beberapa langkah.

Pancake atau panekuk merupakan kue dadar yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula pasir, air, dan susu. Nantinya bahan-bahan tersebut akan bercampur sehingga membentuk adonan yang kental.

Biasanya kue ini tersaji dengan tambahan mentega atau sirup mapple. Namun sebagian lainnya menambahkan selai, keju, dan madu pada hidangan panekuk. Selain itu panekuk juga cukup populer bagi masyarakat Indonesia untuk menjadikan sajian ini sebagai menu sarapan praktis. Namun sering kali yang menjadi kendala adalah membuat pancake (panekuk) agar tidak lengket dan mudah gosong.

Tips Membuat Pancake Agar Tidak Lengket dan Gosong

Kepada Metro UK, seorang ahli kue bernama Ben Cullen membagikan sederet tips membuat kue panekuk anti lengket.

  1. Saat membuat panekuk gunakanlah wajan anti lengket. Bila perlu wajan masih dalam keadaan baru dan bersih. Sebab wajan yang kotor atau tergores dapat membuat hasil pancake menjadi kurang sempurna.
  2. Bersihkan wajan setiap selesai menggoreng adonan panekuk atau pancake. Dalam hal ini cukup usap wajan dengan cepat lalu tuangkan minyak segar pada setiap panekuk.
  3. Kemudian jangan membalik panekuk berlebihan. Periksa saja bagian bawah panekuk dengan mengangkat salah satu tepinya. Barulah anda balikkan bila sudah nampak matang. Teknik ini akan membuat panekuk matang secara merata.
  4. Gunakan pula 2 buah wajan dengan jeda waktu yang berbeda. Karena cara ini dapat memasak panekuk secara lebih banyak dan lebih cepat.

Meski demikian, masih ada pula berbagai kesalahan yang perlu anda hindari saat memasak panekuk.

  • Tidak memanaskan minyak atau butter saat akan memasak pancake.
  • Mengaduk adonan pancake terlalu berlebihan.
  • Membiarkan adonan pancake terlalu lama sebelum memasak. Idealnya adonan hanya boleh anda biarkan maksimal hanya 30 menit saja demi mendapatkan hasil yang pas.

Baca Selanjutnya: Resep Membuat Pancake Durian

Add a Comment