Ini Ciri-Ciri Akun WhatsApp Anda Telah Dibajak

ciri-ciri WhatsApp dibajak

PrimaBerita – Saat ini sudah banyak terjadi aksi pembajakan atau peretasan melalui aplikasi pesan instan yaitu WhatsApp. Bahkan banyak kasus yang menyasar publik figur, untuk itu ketahui ciri-ciri akun WhatsApp anda telah dibajak.

Pembajakan atau penyadapan merupakan kejahatan yang orang lakukan dengan cara mengambil hak orang lain. Misalnya, percakapan pada akun WA hanya bisa pengguna ketahui ternyata juga bisa orang lain lihat.

Berikut Ciri-Ciri Akun WhatsApp Anda Telah Dibajak :

Akun WhatsApp keluar dengan sendirinya

WhatsApp tidak bisa anda gunakan pada dua ponsel bersamaan. Sehingga jika nomor yang sama anda gunakan pada perangkat lain, maka WhatsApp akan mengirimkan kode OTP ke nomor ponsel yang telah terdaftar.

Jika anda tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi WhatsApp mereka dengan sendirinya ada kemungkinan nomor mereka dikloning oleh orang lain.

Tapi, untuk melakukan kloning nomor, pelaku mesti memiliki akses terhadap kartu SIM korban untuk melakukan pengkloningan.

Pesan telah terbaca

Jika Anda pernah menemukan tanda pesan sudah terbaca padahal belum pernah Anda buka, bisa jadi akun WhatsApp Anda telah terbajak.

Pesan sudah terbaca dengan adanya dua centang biru pada bagian kanan bawah pesan. Tanda ini bisa anda nonaktifkan pada bagian pengaturan. Jika tanda ini tidak anda aktifkan, maka pengguna tidak bisa melihat apakah pesan sudah terbaca atau belum.

Mengirim pesan yang tidak Anda Kirim

Jika ada pesan yang terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan anda, bisa jadi akun WhatsApp Anda telah terbajak.

Online padahal nonaktif

Jika akun pengguna tampak online pada aplikasi WhatsApp orang lain, padahal anda tidak sedang membuka aplikasi WhatsApp pada ponsel ataupun WhatsApp web bisa jadi indikasi bahwa akun WA anda telah teretas.

Log perangkat yang tidak Anda Kenal

Perhatikan perangkat apa saja yang mengakses WhatsApp Anda menggunakan WhatsApp web. Jika ada perangkat yang tidak anda kenal, tutup akses dari perangkat tersebut.

Berikut caranya melihatnya :

Android:

  • Pada tab Chat, ketuk menu pada titik tiga  kanan atas.
  • Pilih WhatsApp Web
  • Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tidak anda kenal, pilih keluar (log out) dari perangkat atau pilih keluar dari semua perangkat.

iOS:

  • Pilih Seting atau Pengaturan di kanan bawah
  • Pilih WhatsApp Web/ Desktop
  • Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tak anda kenal geser kanan dan pilih log out atau pilih keluar dari seluruh perangkat.

Add a Comment