Badai Musim Dingin Terburuk di Texas, Makan Korban Jiwa

badai musim dingin texas

PrimaBerita – Badai musim dingin terburuk melanda Texas, Amerika Serikat. Bagian Selatan AS itu telah memakan korban jiwa sebanyak 21 orang. Dan menyebabkan jutaan orang hidup tanpa air dan listrik selama beberapa hari.

Melansir laman BBC, Kamis (18/2/2021), telah terjadi pemadaman yang meluas pada wilayah tersebut, yang mana jaringan energi kewalahan akibat tingginya lonjakan permintaan.

Jutaan orang dalam negara bagian tersebut yang jarang mengalami suhu serendah itu telah berjuang. Untuk mengatasi kekurangan listrik dan kondisi cuaca yang sangat ekstrim.  Perkiraan cuaca ekstrim akan berlanjut hingga akhir pekan.

Korban jiwa akibat badai tersebut telah dilaporkan di Texas, Louisiana, Kentucky, North Carolina dan Missouri.

Badai Musim Dingin Terburuk di Texas

Pada Rabu (17/2) sore, Layanan Cuaca Nasional (NWS) mengatakan bahwa badai terburuk telah bergerak melalui Texas, tetapi menahan lebih dari 100 juta orang Amerika di bawah peringatan cuaca musim dingin.

Perkiraan secara historis , suhu rendah akan bertahan selama berhari-hari dengan lebih dari 71% wilayah AS tertutup salju.

Badai yang membekukan bahkan telah mencapai bagian utara dan tengah Meksiko, tempat jutaan orang mengalami pemadaman listrik selama berhari-hari.

“Saya di Houston, Texas kedinginan sampai mati,” tulis salah satu pengguna Twitter, Chris Prince.

“Tidak ada listrik, tidak ada pemanas, tidak ada air. Saya punya empat anak kecil. Bagaimana ini terjadi sekarang?”

Pengguna sosial media lain, Josh Morgerman, menulis bahwa seorang teman yang tinggaldi wilayah Texas terpaksa “membakar furnitur dalam perapian” agar tetap hangat.

Para ilmuwan telah mengaitkan perubahan iklim dengan peningkatan jumlah peristiwa cuaca buruk pada seluruh dunia, termasuk badai, gelombang panas, dan banjir.

Tercatat ada yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, menderita keracunan karbon monoksida akibat menjalankan mobil dan generator dalam ruangan agar tetap hangat. Kebakaran rumahdi Houston dan dua pria tewas pada sepanjang jalan raya dugaan karena kedinginan.

Negara bagian Texas telah mengalami suhu terdingin dalam lebih dari 30 tahun sebanyak beberapa kali. Beberapa daerah mencapai 0F (-18C) pada hari Minggu – dan Presiden AS Joe Biden sebelumnya menyetujui keadaan darurat.

Saksikan Video Kondisi di Texas Berikut Ini

Add a Comment