Resep Ikan Bandeng Bumbu Rujak Dijamin Menambah Selera Makan

PrimaDaily – Ikan bandeng gurih dicampur dengan bumbu rujak tentunya bakal menjadi santapan seru. Bahkan bisa menambah selera makan. Penasaran? Simak saja artikel kali ini.

Ikan bandeng (chanos chanos) atau ikan milkfish merupakan jenis ikan pangan yang hidup di samudera Hindia dan samudera Pasifik yang populer di Asia Tenggara. Ikan segar ini juga bisa diolah dengan baik dan dengan ragam bumbu. Selain rasanya yang gurih, tekstur daging juga tidak mudah rapuh. Itu sebabnya ada begitu banyak teknik olahan ikan bandeng.

Dan kali ini, resep ikan bandeng bumbu rujak bisa anda jadikan sebagai menu bersantap keluarga baik saat makan siang maupun makan malam.

Resep Ikan Bandeng Bumbu Rujak

Dalam membuat sajian ikan bandeng ini sebetulnya tidak terlalu rumit begitupun dengan bahan-bahannya juga mudah untuk kita dapatkan meski terbilang banyak. Adapun bahan-bahan membuat sajian ikan bandeng berbumbu rujak antara lain:

  • Bahan Umum

Bahan-bahan umum terdiri dari:

1. Ikan bandeng – 700 gr (ootong menjadi empat bagian setelah anda sisik)

2. Lengkuas – 2 cm

3. Kecap manis – 1 sendok makan

4. Bumbu rujak siap pakai – 1 bungkus

5. Air perasan jeruk nipis – 1/2 sendok makan

6. Air bersih – 100 ml

7. Bawang bombay – 70 gr

8. Asam jawa – 1 sendok makan

9. Serai – 2 batang

10. Tomat hijau – 3 buah (potong-potong menjadi 4 bagian)

11. Daun jeruk – 3 lembar

12. Garam – 1/2 sendok teh

13. Cabai merah – 2 buah (iris-iris cabai merah agak memanjang)

  • Bahan Untuk Bumbu Halus

Bumbu-bumbu halus terdiri dari:

1. Kunyit – 1 cm (bakar)

2. Kemiri – 4 butir (sangrai)

3. Bawang merah – 6 butir

4. Cabai merah – 4 buah

5. Ketumbar – 1 sendok teh

6. Bawang putih – 2 siung

Langkah Membuat Sajian Ikan Bandeng

Langkah-langkah yang bisa anda jadikan sebagai panduan meliputi:

  • Lumuri ikan bandeng dengan garam dan air jeruk nipis dalam sebuah wadah. Lumuri secara merata. Lalu sisihkan dan biarkan begitu saja sekitar 15 menit hingga meresap.
  • Lalu panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah 15 menit ikan bandeng teresap oleh bumbu maka gorenglah ikan bandeng. Jika sudah matang, tirikan ikan bandeng.
  • Kemudian tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, lengkuas, serta serai sampai harum dan matang. Tambahkan bumbu rujak siap saji, kecap manis, air, asam jawa, dan juga garam. Aduk-aduk rata sebentar. Tuangi air dan tunggu hingga mendidih.
  • Tambahkan lagi tomat bersama dengan bawang merah serta bawang bombay. Aduk sampai bawang bombay layu dalam masakan. Setelah bumbu telah jadi maka taruhlah ikan bandeng yang sudah anda goreng tadi. Hidangkan dalam sebuah piring dan tata sedemikian rupa agar tampilannya menjadi lebih menarik.

Sumber artikel: Primadaily.comResep Ikan Bandeng Bumbu Rujak Dijamin Menambah Selera Makan.

Add a Comment