Tak Disangka Ternyata Ini Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan

PrimaDaily – Mungkin sebagian orang tak menduga bahwa ternyata ada sejumlah manfaat anggur merah bagi kesehatan. Bahkan menurut seorang ahli kesehatan Gabby Geerts minuman ini mengandung antioksidan khususnya polyphenol yang dapat menyehatkan jantung serta tekanan darah. Namun meski begitu bukan berarti anda tak perlu memperhatikan takaran anggur. Selain itu disarankan tidak meminum anggur secara berlebihan.

Berikut manfaat anggur merah bagi kesehatan.

1. Mencegah Rongga Gigi

Sebuah sumber yang terdapat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry (2014) membuktikan bahwa anggur merah termasuk yang non alkohol dapat membunuh lebih banyak bakteri pada area mulut. Bahkan ketimbang air yang bercampur alkohol.

Baca Juga: Sebaiknya, Jangan Minum 4 Minuman Ini Menjelang Tidur

2. Menurunkan Resiko Depresi

Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terkonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek/dampak bagi tubuh manusia. Dan meminum alkohol secara berlebihan juga demikian. Namun berdasarkan studi pada tahun 2013 oleh BMC Medicine, mengonsumsi anggur merah dengan takaran 150 ml per gelas sebanyak 2 hingga 7 gelas dalam waktu satu minggu dapat menurunkan depresi.

3. Menguatkan Tulang

Selain mampu membunuh bakteri dalam mulut, mengonsumsi anggur merah juga ternyata bermanfaat untuk menguatkan tulang. Sebab anggur merah mengandung kadar silikon tinggi yang bisa mencegah osteoporosis. Nah dengan demikian tak ada salahnya untuk anda mengonsumsi segelas wine.

4. Mengontrol Alergi

Riset menujukkan bahwa antioksidan yang bernama flavonoid yang ada dalam anggur merah mampu mengurangi gejala alergi maupun asma.

5. Menurunkan Resiko Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang kerap menyambangi hidup para lansia. Namun dalam hal ini anggur merah yang mengandung reveratrol dan juga phenol disebut dapat mencegah penggumpalan dalam darah. Bahkan studi dari John Hopkins University Medical Center menyebutkan bahwa reveratrol dalam kulit anggur merah mampu mencegah resiko stroke. Akan tetapi anda harus ingat supaya jangan mengonsumsi alkohol secara berlebihan karena bisa beresiko terhadap kesehatan jantung.

6. Menurunkan Kolesterol

Anggur merah bisa menurunkan kadar LDL dan menaikkan kadar HDL, jadi artinya bisa menyehatkan tekanan darah. Maka bila anda mengalami gejala kolesterol tinggi, anda bisa meneguk segelas anggur merah dalam jangka dua hari dan jangan pula secara terus menerus.

Sumber artikel: Primadaily.comTak Disangka Ternyata Ini Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan.

Add a Comment