Perusahaan Ini Menawarkan 4 Hari Libur Kerja dalam Seminggu

PrimaBerita – Sebuah perusahaan Jepang menawarkan empat hari libur kerja dalam seminggu kepada karyawannya. Umumnya perusahaan memberlakukan aturan 5-2 untuk karyawannya, yang berarti lima hari kerja dan dua hari libur dalam seminggu.

Namun perusahaan yang satu ini membuat aturan jam kerja yang berbeda. Bukan 5-2 melainkan 4-3 atau 3-4. Mizuho Financial Group, salah satu perusahaan jasa finansial terbesar di Jepang, menawarkan semua karyawannya untuk memilih jam kerja sesuai keinginan.

Karyawan bisa menentukan ingin mendapatkan empat hari kerja dan tiga hari libur atau tiga hari kerja dan empat hari libur setiap minggunya.

Kebijakan 3-4 hari libur ini bersifat opsional dan berlaku untuk sekitar 45 ribu karyawan pada cabang-cabang usahanya. Termasuk Mizuho Bank, Mizuho Trust and Banking, Mizuho Securities, dan tiga perusahaan lainnya yang dalam naungan korporat Mizuho Financial.

Mengutip dari Soranews24, aturan ini sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk mengembangkan gaya kerja baru. Termasuk beradaptasi dengan kondisi perkantoran yang budayanya kini berubah jadi sistem shift sejak pandemi virus Corona.

Tapi berkurangnya jam kerja juga berarti ada pengurangan gaji. Bagi karyawan yang memilih libur tiga atau empat hari dalam seminggu maka gajinya akan menyesuaikan.

Untuk jadwal kerja 4-3 (empat hari masuk tiga hari libur), hanya akan menerima 80 persen dari gaji normal. Sementara jadwal 3-4 (tiga hari masuk empat hari libur) hanya akan menerima 60 persen gaji.

Piliha ada pada karyawan. Artinya perusahaan tetap membolehkan jika ada karyawan yang masih tetap ingin mempunyai jadwal kerja 5-2.  Mizuho Financial Group akan menerapkan sistem kerja inipada Desember 2020.

Add a Comment