Segera Hindari, 8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Merusak Otak

Kebiasaan Sehari-hari Merusak Otak

PrimaBerita – Kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak otak perlu untuk anda hindari. Namun, karena tanpa anda sadari, anda telah melakukannya. Mulai dari kebiasaan dalam megonsumsi makanan dan minuman, hingga kebiasaan buruk dalam mengistirahatkan tubuh bisa jadi penyebab kerusakan otak. Untuk itu, anda harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempengaruhi otak.

Apalagi, otak merupakan salah satu organ yang perannya sangat vital dalam tubuh. Otak merupakan sistem kontrol dari semua aktivitas yang terjadi dalam tubuh. Otak juga menyimpan semua informasi dan pengalaman dan segala hal yang telah anda jalani sejak lahir. Oleh karena itu, anda harus senantiasa menjaga kesehatan otak.

Melansir 8 kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak otak :

Tidak Sarapan

Sarapan secara rutin dan teratur setiap pagi sangatlah penting untuk kesehatan.  Tidak sarapan dapat membuat tubuh menggunakan energi cadangan dan harus melakukan upaya ekstra untuk mempertahankan fungsinya dengan benar. Hal ini menyebabkan kurangnya energi, menurunnya konsentrasi, suasana hati yang buruk, serta terganggunya kinerja fisik dan intelektual.

Terlalu Banyak Makan

Mengonsumsi banyak makanan yang tidak tubuh butuhkan dapat menyebabkan akumulasi zat residu dalam bentuk lemak dan pengerasan arteri serebral.

Arteri serebral adalah cabang dari arteri karotis kiri dan kanan, yang bertugas untuk memberikan darah ke bagian frontal otak. Bagian frontal otak itu sendiri bertugas untuk mengontrol perilaku dan pikiran.

Kurang Tidur

Agar otak bekerja dengan optimal, anda membutuhkan waktu istirahat sekitar 8 jam setiap harinya. Dengan mencukupi istirahat, sel-sel yang rusak pada otak dapat diperbarui. Selain itu, tidur cukup juga akan mengoptimalkan proses metabolisme sehingga energi tubuh akan selalu tercukupi.

Sedangkan, saat waktu tidur anda kurang dari 8 jam dalam sehari, maka hal ini dapat menyebabkan percepatan kematian sel-sel penting pada otak. Hal ini bisa membuat anda lebih cepat lelah, walaupun hanya beraktivitas sedikit.

Menutup Kepala saat Tidur

Tidur dengan kepala tertutup dapat meningkatkan konsentrasi karbon dioksida dan mengurangi jumlah oksigen dalam otak. Kebiasaan ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan otak, apalagi jika anda lakukan secara berulang kali dan dalam waktu yang lama.

Merokok

Kebiasaan merokok telah terbukti dapat memicu penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer. Kebiasaan buruk ini juga dapat mengganggu reproduksi DNA, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko terbentuknya sel kanker. Tidak hanya itu, kebiasaan merokok pun dapat mengurangi pasokan oksigen ke otak. Hal ini bisa membuat otak ‘kesulitan bernapas’ sehingga menyebabkan gangguan fungsi.

Konsumsi Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol juga dapat dapat merusak organ penting di dalam tubuh, terutama sistem saraf, hati, dan jantung. Selain itu, alkohol juga dapat memengaruhi reaksi kimia yang terjadi di otak.

Sering mengonsumsi alkohol juga berakibat ‘membunuh’ neuron dan berkurangnya kecepatan transmisi impuls saraf. Lama-kelamaan, otak berisiko tinggi mengalami kerusakan. Jadi, sebaiknya anda segera menghindari kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak otak ini.

Terlalu Banyak Makan Gula

Kembali berkaitan dengan asupan makanan, kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak otak selanjutnya adalah asupan gula yang berlabihan. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan gangguan di organ otak dan sistem saraf pusat. Kadar gula darah yang berlebihan bahkan juga dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

Kurang Bersosialisasi

Interaksi sosial yang terjaga dengan baik dapat menurunkan rasa kesepian, bahkan kecemasan. Dengan demikian, fungsi otak juga akan terjaga dengan lebih optimal. Sebaliknya, apabila kurang interaksi sosial, anda bisa saja merasa kesepian, cemas, bahkan depresi. Hal-hal seperti ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan otak.

Add a Comment