Jokowi Sebut Bandara Kulon Progo Terbaik di Indonesia

Bandara Kulon Progo Terbaik Indonesia

PrimaBerita – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari telah meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo. Untuk saat ini, Jokowi menilai Bandara Kulon Progo merupakan bandara terbaik Indonesia.

Jokowi mengucapkan rasa terimakasih kepada PT PP selaku kontraktor dan PT Angkasa Pura I selaku operator yang telah rampung mengerjakan bandara Kulon Progo yang menjadi Bandara terbaik Indonesia.

“Terima kasih pada PP dan AP I yang sangat detail pengerjaannya, menurut saya ini yang terbaik, saat ini d! Indonesia. Nggak tahu nanti ada bandara lebih baik lagi, nggak tahu,” ujar Jokowi dalam peresmian Bandara Kulon Progo, Yogyakarta. Melansir dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (28/8/2020).

Jokowi juga melemparkan pujian saat bicara mengenai desain arsitektur bandara. Jokowi mengaku terkesima dengan arsitektur bandara itu. Ia memuji Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang menurutnya ikut berperan dalam urusan estetika bandara Kulon Progo.

“Yang paling penting juga masalah arsitek. Nah ini beliau ternyata sangat detail dan sangat mumpuni urusan kearsitekturan di dalam tadi, interiornya. Semuanya melihat keahlian beliau, Bapak Gubernur ini sangat kelihatan sekali dalam desain arsitektur di Bandara Internasional Yogyakarta ini,” kata Jokowi.

Dari keterangan Kementerian Perhubungan, desain terminal penumpang bandara Kulon Progo mengusung konsep kearifan lokal. Pengerjaannya melibatkan 46 seniman lokal untuk membuat sederet artwork pada bandara.

Mulai dari ornamen kepala kolom lantai 3 yang berbentuk Ronce Melati dan ornamendinding berbentuk Bunga Wijaya Kusuma yang merupakan kearifan budaya Jawa, terutama Yogyakarta.

Bandara Kulon Progo sendiri memiliki terminal penumpang dengan luas sebesar 219.000 m2, yang dapat melayani 20 juta penumpang per tahun. Untuk fasilitas sisi udaranya, bandara ini memiliki runway dengan dimensi 3.250 m x 45 m dan dapat melayani pesawat terberat seperti Boeing B-777 dan pesawat terbesar seperti Airbus A380.

Hingga kini, bandara internasional ini sudah melayani 20 rute domestik dan 2 rute internasional yaitu Singapura dan Kuala Lumpur.

Add a Comment