Heboh !! Jenazah Wanita di Medan Dikubur Pakai Daster

Jenazah Dikubur Pakai Daster

PrimaBerita – Foto jenazah wanita di Medan yang masih pakai daster dibalut dengan kain kafan dikubur menjadi heboh di media sosial. Foto-foto tersebut beredar luas di grup-grup WhatsApp (WA).

Dalam foto tersebut, jenazah berada di dalam peti mati dan sudah berada diletakkan di liang kubur. Ada bagian jenazah seorang wanita itu terbuka dan terlihat masih mengenakan baju daster.

Dari informasi yang diterima, jenazah wanita di Medan yang dikubur pakai daster itu, dikuburkan sesuai protokol Covid-19 di pemakaman Suka Maju Jalan STM, Kecamatan Medan Johor, setelah dinyatakan meninggal di RS Sembiring.

Lurah Suka Maju, Harry Agus Perdana membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia mengatakan bahwa awal mula pasien itu masuk ke RS Sembiring pada Kamis (23/7/2020) lalu karena historis penyakit jantung.

Namun, pada Jumat (24/7/2020) subuh, pasien kemudian dinyatakan meninggal dunia.

“Tapi (memang) itu belum dipastikan covid-19 atau tidak. Informasi yang kami terima dari rumah sakit, warga kita yang meninggal hasil rapid-nya reaktif,” katanya, Minggu (26/7/2020).

Maka pihak rumah sakit mengarahkan keluarga agar pemakamannya dilakukan sesuai protokol pemulasaraan jenazah Covid-19.

Pada awalnya keluarga menolak namun belakangan keluarga akhirnya menerima dengan kesepakatan penguburan dilakukan di pemakaman keluarga dan tetap dilakukan sesuai protokol Covid-19.

“Waktu proses pemakaman awal tidak ada masalah. Tapi informasi yang saya diterima dari keluarga bahwa petinya tidak muat, lalu oleh pihak keluarga petinya dibongkar, sehingga nampak lah jenazah yang masih berdaster itu,” jelasnya.

Pihak keluarga beranggapan jika jenazah almarhum belum dimandikan, dan karenanya pemakamannya dianggap tidak sesuai fardhu kifayah Agama Islam.

Jadi, di lapangan, lanjut Harry, setelah ditanyakannya kepada petugas RS Sembiring, petugas itu mengaku jika jenazah sudah dimandikan, dan dia sendirilah yang memandikannya.

“Sehingga keinginan keluarga untuk memandikan jenazah pun saya tolak, dan pemakaman pun tetap dilanjutkan sesuai protokol Covid-19. Karena kalau dikeluarkan dari peti, kan tidak (sesuai) protokol lagi,” pungkasnya mengakhiri.

Add a Comment