Harga Benih Lobster Cuma Rp 3 Ribu Padahal Harga Telah Diatur Menteri Kelautan

Harga Benih Lobster Cuma Rp 3 Ribu

PrimaBerita – Di Aceh dan Lombok Timur, harga benih lobster ditingkat nelayan hanya mencapai Rp 3.000,- sampai Rp 4.500,- saja. Padahal dari menteri kelautan dan perikanan sendiri, Edhy Prabowo telah mengatur harga benih lobster yang dibeli dari nelayan tak boleh kurang dari harga Rp 5.000,-

Peneliti dari Center of Maritime Studies for Humanity, Abdul Halim menuturkan harga benih lobster bagi tingkat nelayan dengan pengepul sangat jauh berbeda. Menurut hasil konfirmasinya, harga benih lobster di Aceh dan Lombok Timur hanya berkisar Rp 3 – 4,5 ribu saja. Sementara terhadap pengepul, harga lobster berkali lipat mencapai Rp 15 ribu bahkan hingga Rp 20 ribu.

“Diterbitkannya peraturan baru untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Sekarang apakah waktu dan tenaga yang dikeluarkan oleh nelayan sebanding dengan nilai yang mereka terima? Mustahil kalau kemudian nelayan penangkap lobster bisa hidup sejahtera,” ucap Halim Halim dalam diskusi virtual, kamis (23/07/2020).

Sementara itu jika menilik dari sisi devisa negara, Penerimaan Negara Bukan Pajak melalui ekspor benih lobster nyatanya hanya mencapai belasan ribu rupiah. Penerimaan Negara Bukan Pajak per seribu ekor benur hanya Rp 250,-. Pada kloter pertama yang dilakukan oleh PT ASSLR, ekspor 37,5 ribu benih lobster hanya menghasilkan PNBP sebesar Rp 9.375,-. Begitu juga dengan ekspor 60 ribu benur yang dilakukan oleh PT TAM hasilnya hanya sekitar Rp 15 ribu.

Kemudian pada kloter kedua, pihak PT TAM dan PT ASSLR juga kembali melakukan ekspor benur. Masing-masing yang diekspor sebanyak 82 ribu ekor dan 43.894 ekor. Maka PNBP yang didapat dari kedua perusahaan tersebut hanyalah Rp 31.473,-.

Sedangkan dari hasil ekspor oleh PT Royal Samudera, sebanyak 8.025 benur hanya menghasilkan PNBP sebesar Rp 2.006,-.

Sebelumnya menteri kelautan dan perikanan telah mewajibkan perusahaan eksportir untuk membeli benih lobster seharga Rp 5.000,-/ekor dari para nelayan. Jika harga beli lebih rendah dari harga yang sudah ditetapkan maka Edhy Prabowo juga tak segan-segan untuk mencabut izinnya.

Add a Comment