BNPB : Lima Tahapan Yang Harus Dilaksanakan Pemda Agar Aman & Produktif

Lima Tahapan Yang Harus Dilaksanakan Pemda

PrimaBerita – Untuk mempercepat penanganan Wabah Virus Corona atau Covid-19, Ada lima tahapan yang harus dilaksanakan para Pemerintah Daerah atau Pemda agar bisa menjadikan daerahnya aman dari virus dan produktif.

Hal ini dikatakan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan atau GTPP Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, saat konfrensi Pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Senin (8/6/2020).

Dikatakan Wiku Adisasmito bahwa pemerintah daerah perlu melakukan 5 tahapan ini guna menuju masyarakat aman dan produktif.

Adapun lima tahapan yang harus dilaksanakan Pemda antara lain, Pertama, tahap prakondisi, dimana dalam tahapan ini merupakan tahap awal yang harus dilakukan oleh tiap daerah. Tahap ini disebut tahap prakondisi dengan memberikan informasi yang holistik, jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Kedua adalah tahap timing, dimana tahapan ini menentukan tentang waktu tepat. Dan kapan suatu daerah dapat memulai aktivitas sosial ekonomi dengan memperhatikan indikator yang telah ditetapkan.

Ketiga adalah tahap prioritas. Dimana tahapan ini dilakukan untuk memilih daerah atau sektor yang dapat dipulihkan kegiatan sosial-ekonomi secara bertahap dengan dilakukan simulasi agar kegiatan tersebut dapat berkelanjutan.

Keempat adalah tahap koordinasi pusat dan daerah. Tahapan ini penting dimana terjadi konsultasi timbal balik, antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang sinergis dalam pengambilan keputusan.

Kelima adalah tahap monitoring dan evaluasi. Dimana dalam tahapan ini adanya pengawasan, pengendalian, serta evaluasi dari pelaksanaan, dari pemulihan aktivitas sosial-ekonomi.

Add a Comment