Gempa Magnitudo 5,1 Mengguncang Kabupaten Pangandaran

Gempa Magnitudo Mengguncang Kabupaten Pangandaran

PrimaBeritaGempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (24/5) sekitar pukul 14.11 WIB pada Minggu (24/5). Getaran gempa disebut terasa hingga ke Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tak berpotensi tsunami.

“Gempa magnitudo 5,1 lokasi 90 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, kedalaman 13 km, tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG melalui akun twitternya.

Baca juga : Tidak Takut Corona, Warga Surabaya Tetap Nekat Takbir Keliling

Akibat kejadian gempat itu, belum ada laporan kerusakan namun sejumlah laporan netizen mengatakan guncangan amat terasa di beberapa wilayah Tasikmalaya.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, dalam keterangan tertulisnya, mengatakan berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Ia juga mengatakan Gempa Magnitudo 5,1 yang mengguncang Kabupaten Pangandaran itu juga dirasakan di daerah Garut, Cilacap. “Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu,” katanya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa,” katanya.

Add a Comment