Vietnam Nol Kasus Corona, Apa yang Mereka Lakukan?

Vietnam Nol Kasus Corona

PrimaBerita – Kabar bagus datang dari negara tetangga yaitu Vietnam yang menyatakan sudah nol untuk kasus virus corona. Adapun negara Vietnam pertama kalinya melaporkan kasus nol (bersih) terkait perkembangan pandemi corona sejak 06 maret 2020. Namun negara tersebut pertama kali menemukan kasus pasien terinfeksi covid-19 pada tanggal 23/01/2020.

Melansir dari VN Express, hingga kini laporan kasus masih stabil dalam bilangan 240 pasien. Dari kasus yang ditemukan sebanyak 90 pasien telah dinyatakan pulih. Sementara 150 orang lainnya berstatus dalam pengawasan serta perawatan. Tidak ada kabar kasus kematian dari negara ini.

Selain Vietnam, sebenarnya masih ada negara-negara lain yang mencatatkan tidak adanya kasus meninggal dunia akibat virus corona. Negara-negara tersebut seperti Kamboja dan Laos.

Banyak menilai bahwa pemerintah Vietnam telah melakukan penanganan secara dini dan tepat. Sehingga penekanan terhadap sebaran covid-19 berhasil ditekan.

Lalu apa saja sebenarnya yang mereka lakukan di Vietnam?

a. Melakukan jarak fisik

Pemerintah Vietnam telah memberlakukan adanya aturan jarak fisik (physical distancing) sejak 01 April 2020. Pemberlakuan jarak fisik ini bukanlah berarti untuk membatasi perdagangan dan layanan penting. Hanya saja meminta warga negaranya supaya keluar rumah hanya untuk keperluan/kebutuhan yang sangat mendesak saja.

Kebutuhan tersebut bisa meliputi pembelian obat-obatan, makanan, maupun masyarakat yang mengharuskan bekerja ke pabrik-pabrik penghasil barang produksi. Pihaknya juga telah menghimbau untuk melakukan jarak/kontak fisik minimal dua meter di tempat-tempat umum.

b. Penangguhan layanan penerbangan

Pemerintah Vietnam telah menangguhkan penerbangan Internasional hingga pertengahan bulan april mendatang. Bahkan perdana menterinya juga memerintahkan agar tidak memperbolehkan masuk bagi wisatawan dari negara yang memiliki kasus virus corona terbanyak. Hal ini dilakukan sementara waktu hingga keadaan benar-benar aman kembali seperti sedia kala.

c. Sekolah-sekolah diliburkan sejak januari

Vietnam juga mengutamakan keselamatan para pembangun negeri masa depan. Jutaan pelajar di seluruh provinsi di negara Vietnam telah diliburkan sejak perayaan tahun baru imlek atau sejak virus corona pertama kali menginfeksi salah seorang warga negaranya.

d. Langkah proaktif serta konsistensi pemerintah Vietnam

Petugas medis di negara Vietnam sudah membuat protokol dalam menilai infeksi berdasarkan tingkat keparahan dari gejalanya. Para dokter yang menangani diharuskan supaya mengobati gejala awal dari covid-19 seperti demam. Selain itu petugas medis harus siaga dalam rangka memonitor tingkat saturasi oksigen dalam darah pasien dan menghimbau pasien agar memakan makanan bergizi dan berimbang.

e. Larangan terhadap ekspor maupun impor hewan liar

Satwa liar sudah diidentifikasi sebagai perantara dan penyebab virus mematikan hingga sampai ke manusia. Maka pada akhir januari lalu, Nguyen Xuan selaku perdana menteri Vietnam memerintahkan terkait adanya larangan mengimpor satwa liar. Tidak boleh ada pengangkutan hewan-hewan liar untuk sementara waktu.

Add a Comment