Viral !! Rizieq Shihab Memiliki Penangkal Virus Corona, Cek Faktanya

Rizieq Shihab Memiliki Penangkal Virus Corona

PrimaBerita – Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diklaim memiliki penangkal Virus corona (Covid-19). Kabar itu beredal dalam sebuah gambar yang didalamnya terdapat sebuah keterangan sebagai berikut.

“Di Tanya Soal virus Corona KORLAP FPI: Hanya Imam Besar Kami yg punya Penangkal virus Corona, karena Imam besar kami cucu Nabi.”

Fakta klaim Rizieq Shihab memiliki penangkal virus corona atau Covid-19, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Hasil pencarian mengarah pada artikel berjudul “[HOAKS] Hanya Rizieq Shihab yang Memiliki Penangkal Virus Korona,” yang dimuat situs kominfo.go.id, pada 19 Maret 2020.

Berikut isinya:

“Sebuah akun Facebook membagikan gambar hasil tangkapan layar dengan narasi yang menyebut hanya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang memiliki antivirus virus Korona tipe baru alias Covid-19. Unggahan tersebut disertai foto yang diklaim sebagai wajah Korlap FPI.

Faktanya gambar unggahan tersebut adalah hasil editan, selain itu tak ada pernyataan resmi dari Imam Besar FPI yang menyebut memiliki penangkal Virus Corona.”

Situs kominfo.go.id menyatakan, foto yang diunggah berisi klaim Rizieq Shihab yang memiliki antivirus Covid-19 adalah hasil editan.

Informasi tersebut tidak benar atau HOAX. Hingga kini, belum ada obat dan vaksin yang terbukti bisa menyembuhkan Covid-19. Sejumlah negara di antaranya, Amerika Serikat dan China sedang melakukan uji coba pertama vaksin Covid-19.

Add a Comment