Viral Kalung Anti Virus Tangkal Corona, Benarkah efektif?

Kalung Anti Virus

PrimaBerita – Disaat-saat seperti ini, ditengah pandemi virus corona telah viral dan beredar mengenai kalung anti virus yang bisa menangkal virus corona (COVID-19). Banyak pula informasi palsu alias hoax seputar pencegahannya.

Sebelumnya beredar bahwa virus corona bisa menular lewat hewan piaraan anjing. Selanjutnya kabar bahwa berjemur dapat menangkal persebaran virus corona atau COVID-19. Dan masih banyak lain.

Kalung anti virus yang bernama ‘virus shut out’ belakangan ini telah menjadi perbincangan yang ramai bagi netizen sosial media. Bahkan sejumlah artis terlihat memakainya. beberapa artis tersebut yakni Ruben Onsu, Ayu Tingting, hingga Nagita Slavina.

Salah seorang dokter bernama dokter Listya Paramita, Sp. KK akhirnya mengunggah berkomentar dan berusaha menjelaskan yang sedang viral di sosmed.

lihat juga: Fakta-fakta Virus Hanta yang Wajib Anda Ketahui

Ditilik dari instagram pribadi dr Listya atau yang lebih akrab disapa dengan dokter Mita itu menjelaskan bahwa kalung yang sedang viral tidaklah mampu menangkal COVID-19.

Akan tetapi salah satu rekannya menyatakan kalung virus shut out mengandung salah satu bahan disinfektan, yakni chlorine dioxide. Namun kalung tersebut tak akan membantu membunuh virus-virus di sekitar jika hanya digantungan begitu saja. Dr Mita lantas menjelaskan secara mendetail.

“Isinya iya bener disinfektan, tapi ya nggak akan bekerja apa-apa kalau cuman digantungin di leher. Iya benar juga kalau bahan aktifnya bisa menjangkau 1 – 2 meter, tapi kalau isinya dipeperin ke permukaan sepanjang 1 – 2 meter juga. Kalu cuma digantung doang ya nggak bisalah,” tegas dr Mita.

Selebihnya, dokter Mita juga berusaha menambahkan keterangan bahwa semua petugas medis yang menangani COVID-19 haruslah memakai alat perlindungan diri. Karenanya kalung anti virus yang sedang viral kini diklaim tidaklah benar bisa menangkal virus corona.

“Ya kalau seampuh itu untuk menangkal virus, ya kenapa dokter dan tim medis di rumah sakit nggak perlu pakai APD berlapis yang ribet. Cuman kalungin itu beres, tapi kenyataannya nggak begitu juga kan?” jelasnya kembali.

Add a Comment