Galaknya Gubsu Edy Rahmayadi Soal Penyebaran Corona di Sumut

Edy Rahmayadi Soal Penyebaran Corona Sumut

PrimaBerita – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi tegas soal penyebaran corona di wilayahnya sumut. Gubsu Edy mengingatkan agar seluruh rumah sakit di Sumut tak menolak warga yang mau periksa diri terkait COVID-19.

“Jangan coba-coba ada rumah sakit yang menolak warga yang ingin periksakan diri. Masalah virus Corona ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Harus sama-sama kita atasi masalah ini. Beberapa waktu lalu mereka nyatakan siap untuk berikan ruangan untuk warga PDP Corona, malamnya semua pada tarik diri,” ujar Edy saat rapat dengan pimpinan organisasi perangkat daerah di Rumah Dinas Gubsu, Kamis (19/3/2020).

Edy juga meminta seluruh jajarannya saling berkoordinasi. Salah satu hal yang perlu diwaspadai, kata Edy, adalah kelangkaan barang.

Dia juga meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) rutin menggelar razia kepada anak-anak sekolah yang masih berkeliaran di luar rumah karena Edy telah meliburkan sekolah di Sumut.

Satpol PP diharapkan berperan banyak untuk melakukan penertiban dan mengecek gudang-gudang para importir seperti adanya penimbunan masker dan alat pelindung diri (APD).

Soal mencegah penyebaran virus Corona, Edy Rahmayadi meminta warga Sumut membatasi kontak fisik. Mantan Ketua Umum PSSI itu juga mengingatkan bahwa doa merupakan satu hal yang tak kalah penting.

“Bagi yang agama Islam, salat gunakan alat, entah itu sapu tangan. Bagi yang terakhir, seluruh umat beragama masing-masing, doa itu yang paling penting,” tuturnya.

Di masa pandemi Corona ini, Edy kerap kali menceritakan pengalaman berdialog dengan warga. Edy sempat bercerita ada warga yang ngeyel soal virus Corona atau COVID-19. Di hadapan Edy, seorang warga pernah bilang virus Corona hanya menyerang orang kaya.

Sontak, Edy pun kesal. Dia mengatakan ucapan warga itu hanya karangan.

“‘Pak yang mati itu orang kaya, kami yang miskin ini Corona nggak masuk ke kami’,” ujar Edy menirukan ucapan warga, dalam sambutannya saat rapat penanganan Corona bersama pengusaha di Medan, Selasa (24/3).

“Ngarang kalian. Tuhan itu Maha Tahu, tapi Corona tidak mau tahu,” tuturnya.

Edy meminta masyarakat mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah. Untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

 

Add a Comment