Aplikasi Terkenal Android di PlayStore Mencuri Data Pribadi

PrimaBerita – Ditemukan aplikasi terkenal Android di PlayStore yang mengandung virus spyware. Virus yang mengancam privasi hingga data pribadi di dalam smartphone.

Dilansir dari Gizchina, Rabu (15/1/2020), menurut peneliti di Trend Micro, spyware tersebut mampu memata-matai semua pesan Anda di Facebook, Gmail atau bahkan di Outlook, yang bersembunyi di Google Play Store.

“Kami menemukan tiga aplikasi jahat di Google Play Store,” tulis Trend Micro di sebuah postingan blog pribadinya.

Untuk masuk ke sistem smartphone para korban, malware menyamar sebagai aplikasi Android yang tidak berbahaya. Sejauh ini, tiga aplikasi dari Play Store telah mengandung spyware.

Setelah berhasil masuk, malware akan mengumpulkan semua data yang ada di perangkat anda, termasuk pesan Anda di WeChat, Outlook, Twitter, Yahoo Mail, Facebook, Gmail, atau bahkan melalui Google Chrome.

Dalam prosesnya, malware dapat mengambil alih geolokasi Anda, dokumen yang disimpan seperti foto, video, dan lain-lain. Serius daftar aplikasi yang diinstal, ID akun Anda dan data mengenai jaringan Anda atau perangkat Anda. Semua informasi yang bernilai akan dijual di dark web.

Menurut survei, mereka sudah beraktivitas sejak Maret 2019. Berikut adalah nama ketiga aplikasi terkenal Android yang dimaksud:

  • Camero
  • FileCrypt
  • CallCam

Untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap yang ditetapkan oleh peretas, disarankan untuk anda tidak menginstal aplikasi dari pengembang yang tidak dikenal, bahkan di Play Store.

Add a Comment