Penyebab Banjir di Ibu Kota, Pemprov DKI tidak Menyalahkan Bogor

primabeirta-banjir-di-ibukota

PrimaBerita – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku tidak menyalahkan Kabupaten Bogor sebagai penyebab banjir di ibu kota. Pemprov DKI mengatakan akan terus berkoordinasi dengan Bogor untuk mengantipasi banjir di ibu kota.

“Kita tidak menyalahkan malah saling koordinasi terkait masalah banjir di DKI,” ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini kepada wartawan, Kamis (12/12/2019) malam.

Baca juga : Masyarakat Adat Sepakat Bangun Kembali Tempat Sembahyang yang Dirusak

Ia mengatakan bahwa Kabupaten Bogor telah menyiapkan beberapa waduk untuk penampungan air. Ia juga menyebut DKI Jakarta dan Kabupaten Bogor terus berkolaborasi untuk menangani banjir di Jakarta.

“Kita akui Kabupaten Bogor telah membantu menyiapkan beberapa lokasi waduk untuk digunakan sebagai retensi penampungan air di hulu. Kita udah berkolaborasi dengan Pemda Kabupaten Bogor untuk sama-sama menangani masalah tersebut mulai dari hulu sampe hilir,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi banjir, Juaini mengatakan bahwa pihak telah melakukannya sejak bulan Juli. Sejumlah persiapan juga telah dilakukan seperti pengerukan waduk, pengerukan saluran sungai dan saluran penghubung hingga menyiapkan satgas siaga banjir.

“Untuk antisipasi banjir, sejak bulan Juli kita udah melakukan persiapan-persiapan seperti pengerukan waduk, sungai saluran penghubung (PHB), saluran di jalan-jalan lingkungan dan juga pemeriksaan pompa-pompa pengendali banjir dan pompa-pompa mobil, serta menyiapkan satgas yang selalu standby di 5 wilayah DKI Jakarta,” sebut Juaini.

“Insyaallah untuk perlengkapan dan petugas udah siap menghadapi musim hujan. Tinggal ditambah berdoa agar DKI Jakarta aman ketika musim hujan tiba,” imbuhnya.

Baca juga : Siswi di Wonogiri digilir Ayah Tiri dan Pamannya Hingga hamil 5 bulan

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Bogor tak terima jika selalu dicap sebagai penyebab banjir di Jakarta. Bupati Bogor Ade Yasin menyalahkan posisi geografis Jakarta yang letaknya di bawah wilayahnya.

“Salahnya Jakarta itu berada di bawah,” kata Ade di Royal Tulip Gunung Geulis Resort and Golf, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (12/12).

Add a Comment