Editor Choice Nasional

Daftar Calon Menteri Muda Periode Pemerintahan Jokowi- Ma’Ruf

PrimaBerita – Presiden Joko Widodo memiliki keinginan untuk membentuk kabinet yang berisi anak muda. Jokowi menyebut, setiap periode waktu, diperlukan kabinet yang berbeda karena tantangannya juga berubah. Ia lalu mengungkapkan kriteria menteri yang akan mengisi kabinetnya ke depan. Jokowi juga menyebutkan bisa saja sang menteri berusia 20 tahun hingga 25 tahun. 

Kriteria

“Tapi dia harus mengerti manajerial, manajemen, mampu mengeksekusi program yang ada. Umur 30-an juga akan banyak. Ini karena saat ini dan ke depan perlu orang-orang dinamis, fleksibel, dan mampu mengikuti perubahan zaman yang sangat cepat. Energik, dan itu ada di anak-anak muda,” kata Jokowi.

Sebagaimana penyusunan Kabinet Kerja periode 2019-2024, menteri-menteri Jokowi berasal dari berbagai kalangan. Tidak tertutup kemungkinan mereka juga berasal dari kalangan kepala daerah hingga politikus. 

Berikut adalah nama-nama yang masuk dalam kriteria usia:

Chusnunia Chalim

Chusnunia merupakan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024. Ia menduduki jabatan itu sejak 12 Juni 2019. 

Ia lahir di Waway Karya, Lampung Timur, Lampung, 12 Juli 1982. Sebelum menjabat sebagai wagub Lampung, Chusnunia yang juga politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menjadi bupati Lampung Timur periode 2016-2019. 

Baca juga: Bakal Ada Menteri Umur 20-An Di Era Kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf

Andhika Hazrumy

Andhika merupakan wakil gubernur Banten periode 2017-2022. Ia lahir di Bandung, Jawa Barat, 16 Desember 1985 (33 tahun). Andhika dibesarkan di keluarga pengusaha dan pejabat publik. Tak ada yang kenal dengan ibunya, Ratu Atut Chosiyah, yang lama menjadi gubernur Banten.

Ia pun memiliki pengalaman di parlemen, tepatnya periode 2014-2019. Andhika terpilih sebagai anggota DPR dari Daerah Pemilihan Banten I dan kemudian duduk di Komisi III-DPR. Per 24 Oktober 2016, dia mundur dari posisi anggota DPR untuk maju sebagai cawagub dalam Pilkada Banten 2017.

Grace Natalie Louisa

Membangun reputasi sebagai pembawa acara berita dan jurnalis, Grace mulai bersentuhan dengan politik saat menjadi CEO Saiful Mujani Research and Consulting pada 2012. Tak lama, wanita kelahiran Jakarta, 4 Juli 1982, itu hijrah ke politik dan menjadi ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Tsamara Amany

Tsamara dinilai sebagai salah satu politikus muda yang begitu populer saat ini. Tidak hanya di dunia maya, di dunia nyata Tsamara begitu dikenal di kalangan milenial. Ia lahir di Jakarta, 24 Juni 1996. Tsamara berada di partai yang sama dengan Grace, yaitu PSI.

Agus Harimurti Yudhoyono

AHY merupakan putra pertama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia lahir di Bandung pada 10 Agustus 1978. Pada saat Pemilu 2019, AHY ditunjuk sebagai Komandan Kogasma Partai Demokrat. 

Sebelumnya, dia merupakan alumni Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah. AHY pernah memperoleh penghargaan Adhi Makayasa Tri Sakti Wiratama. Pada 2017, AHY turut bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan