New Taipei City, Saudara Kembar Taipei Dengan Wisata Super Menarik. Pasti Nagih

PrimaBerita – Kota Taipei ternyata punya saudara kembar bernama New Taipei City di Taiwan Utara. Taiwan Utara sendiri merujuk pada tujuh daerah dan kota yaitu: Kota Taipei, New Taipei City, Keelung City, Daerah Yilan, Taoyuan City, Daerah Hsinchu dan Kota Hsinchu.

 

Beberapa atraksi wisata menarik di New Taipei City:

Desa Jiufen

Dahulu, Jiufen adalah pusat pertambangan emas. Namun, seiring habisnya emas di sana, desa ini pun tertidur lelap. Beberapa tahun kemudian, beberapa film tertarik untuk syuting di sini, dan ternyata memenangkan penghargaan internasional. Salah satunya, “A City of Sadness” menjadi juara pertama dalam Venice Film Festival dan menghidupkan kembali kenangan akan Jiufen. Lorong-lorong tua dan rumah teh seakan membisikkan kisah tentang masa lalu keemasannya.

Area paling terkenal adalah Jiufen Old Street, dengan kedai-kedai yang menawarkan cemilan khas Jiufen dan makanan lokal. Beberapa tempat bersejarah juga terpelihara dengan baik. Bagi yang ingin merasakan suasana desa sesungguhnya, bisa juga menginap di sini, dan menikmati bintang-bintang dan memancing saat malam.

Yehliu Geopark

Yehliu adalah tanjung sepanjang 1.700 meter yang dibentuk oleh Gunung Datun yang mencapai laut. Ketika dilihat dari atas, tempat itu seperti kura-kura raksasa yang menyelam ke laut. Jadi, banyak yang menyebutnya “Penyu Yehliu.” Karena lapisan batuan di tepi pantai mengandung batu pasir dengan tekstur batu kapur dan terkena erosi laut, pelapukan dan pergerakan bumi, muncul alam istimewa yang terdiri dari parit/lubang laut, batu berbentuk lilin, dan batu berbentuk pot.

Tempat itu dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama memiliki batu-batu seperti Queen’s Head, Fairy’s Shoe dan Candle. Bagian kedua memiliki batu seperti Bean Curd, Dragon Head. Bagian ketiga memiliki gua-gua yang tererosi laut, dan batu berbentuk segel. Tempat ini cocok untuk studi geologi dan penelitian lapangan. Selain itu, ada patung Lin Tien Jane sebagai peringatan atas keberaniannya untuk menyelamatkan orang lain. Monumen menjelaskan secara rinci kisahnya yang menyentuh.

Air terjun Shifen

Air terjun Shifen terletak di antara stasiun Dahua dan stasiun Shifen di jalur kereta api Pingxi. Aliran air akan mengguyur ke bawah bagai tirai satin putih. Saat air masuk ke kolam yang besar dan dalam di bawahnya, akan tercipta kabut yang sering menyelubungi air terjun. Pada hari-hari yang cerah, kabut ini akan melukis pelangi mempesona di langit, suatu pemandangan yang membuat kolam air terjun ini dijuluki “Kolam Pelangi”.

Mata Air Panas Jinshan

Mata air panas ini menghasilkan air asam berkarbon pada suhu 45 hingga 86 derajat Celcius, sangat nyaman setelah berjalan kaki jauh. Jika mata air lain beruntung jika memiliki dua jenis air, di sini terdapat empat jenis air: air berpasir dari laut, air belerang, air asam karbon, dan air mengandung besi. Di kawasan ini juga tersedia banyak hotel dengan mata air panas, menjadikannya surga bagi wisatawan yang menikmati berbagai jenis air yang tersedia.

Stasiun Shifen

Jalur kereta cabang Pingxi menjangkau 12,9 kilometer melewati Lembah Sungai Keelung dari stasiun Sandiaoling hingga Jingtong. Jalur ini dibangun pada tahun 1918 untuk mengangkut batubara; dan pada tahun 1992 diubah menjadi jalur wisata. Shifen adalah salah satu halte perhentian di jalur ini. Stasiun ini berlokasi di area yang indah, menyambut pengunjung dengan air terjun dan sungai yang cantik. Rumah-rumah desa di sekitarnya memberi pesona nostalgia, menjadikan lokasi ini populer untuk membuat film iklan.

Shifen Visitor Center

Shifen Visitor Center ini berlokasi di Kawasan Berpemandangan indah Ruifang, yang mencakup kawasan seluas 57 hektar mulai dari hulu sungai Keelung dan mencakup Shifen, Xinliao dan Nanshan. Nirwana cantik ini diberkahi dengan perbukitan indah, air terjun yang besar, dan keunikan sungai Dahua. Pusat Wisatawan ini dapat dicapai dengan berjalan kaki 15 menit dari Stasiun Shifen di sepanjang Old Street.

Nanya

Terkenal karena formasi bebatuan yang fantastis dan pantai karang yang tererosi, seluruh garis pantai di sini bagaikan taman pahatan batu yang benar-benar menggambarkan karya seni pelapukan dan gelombang alam yang tiada banding. Topografi bebatuan Nanya ini hanya ada di Taiwan, dibentuk melalui pelapukan batu pasir yang melapisi pantai. Oksidasi bijih besi dalam lekukan batu telah memberinya pola bergaris-garis yang sangat unik.

 

Add a Comment