Langkah Mudah Mengatasi Jerawat Pubertas

PRIMA BERITA – Jerawat bisa terjadi pada siapa saja tanpa pandang bulu, tapi memang lebih identik dengan remaja pubertas. Ketika jerawat tumbuh, biasanya remaja akan panik dan segera mencari perawatan untuk segera mengatasi jerawat pubertas. Hari ini, penulis akan membagikan langkah mengatasi jerawat pubertas. Inilah langkah-langkah mudah yang bisa para remaja ikuti untuk mengatasi jerawat puber.

Rutin cuci muka

Pilih sabun pembersih yang lembut dan berbahan dasar air. Hindari sabun batangan yang justru membuat kulit kering. Kandungan sabun batangan dapat menyumbat pori-pori. Jangan juga pilih sabun pembersih jenis scrub karena partikel kasarnya bisa membuat masalah kulit semakin buruk. Jerawat pada dasarnya tidak bisa dihilangkan menggunakan scrub.

Jangan lupakan pelembap

Ketika punya jerawat puber, bukan berarti karena terlalu banyak minyak pada wajah dan akhirnya menghindari pakai pelembap. Kulit wajah tetap harus dijaga kelembapannya. Maka itu, jika ada jerawat di wajah, kalian bisa memilih pelembap yang bebas minyak.

Menyerap minyak

Sayangnya, tidak ada cara yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih akibat hormon, tetapi kalian dapat mengontrol munculnya minyak ke permukaan kulit. Caranya, dengan tidak menggunakan produk emolien secara berlebihan dan dengan menyerap minyak sesering mungkin. Pilihan terbaiknya adalah dengan menggunakan masker tanah liat yang lembut secara teratur dan menggunakan kertas penyerap minyak sehari-hari. Perhatikan juga kandungan dalam rangkaian produk perawatan kulit yang digunakan.

Lindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari

Kulit tidak dapat secara otomatis memerangi jerawat ketika terkena sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan secara langsung. Kalian sebaiknya menggunakan krim tabir surya khusus wajah yang mengandung SPF30. Hal ini untuk melindungi masalah kulit semakin buruk.

Gunakan produk jerawat yang tepat

Salah satu faktor utama penyebab jerawat adalah penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori dan berakibat pada penebalan pori. Minyak yang terperangkap dalam pori akan memulai proses pembentukan jerawat. Maka itu, kalian membutuhkan produk jerawat yang bisa membuat penumpukan sel kulit mati tersebut terkelupas. Caranya adalah dengan menggunakan produk yang mengandung salicylic acid (SA). SA tidak hanya efektif dan lembut untuk memulai proses pengelupasan pada permukaan kulit, tetapi juga melakukan pengelupasan di dalam pori-pori, membunuh bakteri, dan memiliki kandungan yang mencegah kemerahan pada kulit.

Hilangkan bakteri penyebab jerawat

Benzoyl peroxide adalah zat yang ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat puber. Tidak sulit kok untuk menemukan krim jerawat yang mengandung benzoyl peroxide ini. Cara penggunaannya, hanya dengan mengusapkan sedikit produk pada jerawat. Setelah itu kulit akan menyerap obat dan akhirnya menghilangkan bakteri jerawat.

Simak juga: Nutrisi Penting Untuk Menjaga Kecantikan Wajah

Add a Comment