Kesehatan

10 Makanan PenCegah Kanker Paru-Paru

Kedelai

Dalam kasus ini kedelai dapat lebih fokus dapat membantu kaum wanita. Dilansir dari readersdigest, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kanker payudara, estrogen (senyawa berfungsi sebagai hormon wanita) dapat mendorong pertumbuhan tumor paru-paru. 

Kedelai dipercaya dapat menumpulkan efek estrogen tersebut. Maka memperbanyak konsumsi kedelai maka dapat membatu wanita menderita kanker paru-paru.

Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane dan berfungsi sebagai pelawan kanker paling kuat yang pernah ditemukan di sebuah makanan. Selain itu sayur silangan ini mengandung zat indole-3-carbinol yang berfungsi sebagai pembersih.

Brokoli dapat memperbaiki kerusakan akibat ulah karsinogen pada sel kanker. Maka dari itu tidak heran brokoli dapat menurunkan risiko kanker paru sebanyak 40 persen.

Bayam

Jika kamu merokok atau baru saja berhenti, sayuran yang tinggi akan kandungan folat dan vitamin B seperti bayam, dapat melindungi sel-sel tubuh dari karsinogen tembakau. Mantan perokok yang memiliki cukup folat dalam makanan mereka dapat menurunkan risiko kanker paru sebesar 40 persen. Sebab, merokok sendiri itu dapat mengeringkan folat dari tubuh, seperti halnya kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Salmon

Salmon dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salmon kaya akan omega-3, selain itu salmon juga tinggi vitamin D. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya vitamin D. Maka dari itu kamu bisa mengonsumsi salmon atau jenis ikan lainnya, yakni mackerel dan herring untuk melawan sel-sel kanker paru-paru.

Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Salah satu kandungan hebat yang ada di bawang putih adalah zat diallyl sulphide. Dengan rutin mengonsumsi bawang putih mentah, dua kali atau lebih dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena kanker hingga 44 persen.

Baca : Tubuh Sehat dengan Cara Sederhana!